PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAME TURNAMENT (TGT) TEMA 6 KELAS II DI SD NEGERI 107398 SEI ROTAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13477Keywords:
Media Pop up Book, Model Teams Game Turnament (TGT), Keaktifan SiswaAbstract
Penelitian ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tema 6 "Merawat Hewan dan Tumbuhan" kelas II di SD Negeri 107398 Sei Rotan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa melalui penggunaan media interaktif yang menarik seperti pop-up book, serta menerapkan metode pembelajaran TGT yang mendorong kolaborasi dan kompetisi antar tim. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop-up book dengan model TGT efektif meningkatkan kevalidan, keaktifan dan kepraktisan siswa dalam pembelajaran tema tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan media pembelajaran yang menarik dan metode pembelajaran yang berbasis kerjasama dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.Downloads
References
Ahyar, Prihastari, dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). Pradina Pustaka.
El Khuluqo, I., Pd, M., & Istaryatiningtias, D. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Feniks Muda Sejahtera.
Lontoh, F., & Sihombing, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.
Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur'an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97-117.
Rahmawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SDLB Tunarungu Kelas IV. Widia Ortodidaktika, 7(2), 186-196.
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197-208.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11.
Yaumi, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran edisi kedua. Prenada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.