PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAME TURNAMENT (TGT) TEMA 6 KELAS II DI SD NEGERI 107398 SEI ROTAN

Authors

  • Ilman Syura Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Ahmad Landong PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Dian Divania PGSD FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13477

Keywords:

Media Pop up Book, Model Teams Game Turnament (TGT), Keaktifan Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran pop-up book dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tema 6 "Merawat Hewan dan Tumbuhan" kelas II di SD Negeri 107398 Sei Rotan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa melalui penggunaan media interaktif yang menarik seperti pop-up book, serta menerapkan metode pembelajaran TGT yang mendorong kolaborasi dan kompetisi antar tim. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop-up book dengan model TGT efektif meningkatkan kevalidan, keaktifan dan kepraktisan siswa dalam pembelajaran tema tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan media pembelajaran yang menarik dan metode pembelajaran yang berbasis kerjasama dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, Prihastari, dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). Pradina Pustaka.

El Khuluqo, I., Pd, M., & Istaryatiningtias, D. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Feniks Muda Sejahtera.

Lontoh, F., & Sihombing, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur'an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97-117.

Rahmawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SDLB Tunarungu Kelas IV. Widia Ortodidaktika, 7(2), 186-196.

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197-208.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11.

Yaumi, M. (2021). Media dan teknologi pembelajaran edisi kedua. Prenada Media.

Downloads

Published

2024-05-06

Most read articles by the same author(s)