PERAN GURU DALAM KASUS KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13471Keywords:
Kekerasan Seksual, Peran Guru, Sekolah DasarAbstract
Meningkatnya jumlah kasus kekerasan seksual terutama terhadap anak menjadi suatu fenomena yang dapat menyorot suatu perhatian dari banyak orang atau kalangan.Tujuan dalam Pendidikan seks sangat dibutuhkan oleh anak usia sekolah dasar hingga remaja. Dalam proses Pendidikan seks peran guru dalam tiap kasus pelecehan seksual perlunya bimbingan terutama dalam lingkungan sekolah agar anak dapat memahami apa yang di ajarkan secara utuh dan menyeluruh,Studi ini adalah tinjauan literature (literature review) atau kajian pustaka yang bertujuan untuk memberikan gambaran dari hasil penelitian yang telah dilakukan terkait dengan pendidikan seksual anak di sekolah dasar.Terdapat dua faktor yakni faktor internal yang merupakan faktor yang berpengaruh terhdap lingkungan keluarga atau biologis dari sifat orang tua dan pergaulan sedangkan pada faktor eksternal dengan Tingkat ekonomi yang rendah dan faktor social, moral yang berpengaruh yang akan menyebabkan terjadinya kekerasan seksual. Dampak yang ditimbukan dari kasus kekerasan seksual yakni berpengaruh terhadap pisikologis yang menyebabkan gangguan kejiwaan dan mental akibat kekerasasn seksual yang dilakukan oleh pelaku, dampak yang terjadi selain pisikologis adalah dampak fisik Dimana anak akan mengalami keterlambatan dalam berpikir karna tertekan oleh suatu keadaan di dalam lingkungan Masyarakat. Tujuan ini dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat diperlukan dalam menjadi garda terdapat dalam melindungi anak sekoalah dasar. Dengan memberikan memberikan pengetahuan bagaimana cara agar dapat menjaga diri dari kasus kekerasan seksual yang terjadi. Karna guru merupakan cerminan diri yang akan ditiru dan di gugu oleh anak sekolah dasar.Downloads
References
Hardianti, F. Y., Efendi, R., Lestari, P. D., & Puspoayu, E. S. (2021). Urgensi Percepatan Pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual. Jurnal Suara Hukum, 3(1), 26. https://doi.org/10.26740/jsh.v3n1.p26-52
Kayowuan Lewoleba, K., & Helmi Fahrozi, M. (2020). Studi Faktor-Faktor Terjadinya Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak. Esensi Hukum, 2(1), 27–48. https://doi.org/10.35586/esensihukum.v2i1.20
Maryuni, M., & Anggraeni, L. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Secara Dini pada Anak Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(3), 135. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(3).135-140
Massuhartono, M., & Putri, S. R. (2020). Peran Guru dalam Mengantisipasi Terjadinya Pelecehan Seksual Terhadap Tunagrahita Ringan. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2), 119–132. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i2.1339
Nada, R. K. (2023). Anak Dan Kejahatan Seksual: Seks EdukasiSebagai Usaha Preventif Kekerasan SeksualPada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Dasar, 6(1), 31–41. https://ejournal.stainupwr.ac.id/
Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang. Midwife Journal, 4(02), 61. http://jurnal.ibijabar.org/kekerasan-seksual-pada-anak-di-kabupaten-karawang/
Novi Trilisiana, Christin Ismaniati, D. W. (2018). UNTUK GURU SEKOLAH DASAR Novi Trilisiana , Christina Ismaniati , Dian Wahyuningsih CHILD PROTECTION EDUCATION MODULE FROM SEXUAL VIOLENCE FOR.
Nurahlin, S. (2022). Perlindungan Hukum terhadap Korban Pelecehan Seksual Secara Verbal (Catcalling) dalam Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual. Jatiswara, 37(3), 314–323. https://doi.org/10.29303/jtsw.v37i3.425
Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(II), 56–60. https://doi.org/10.23969/humanitas.v3iii.4118
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Probosiwi, R., & Bahransyaf, D. (2015). Pedophilia and Sexual Violence: Problems and Child Protection. Sosio Informa, 01(01), 29–40.
Sholikhah, A. U. (2023). Sek Edukasi Dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Remaja. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 6(2), 1074–1080. https://doi.org/10.33627/es.v6i2.1558
Syahputra, R. (2018). Penanggulangan Terhadap Tindakan Kekerasan Seksual Pada Anak Ditinjau Dari Undang-Undang Perlindungan Anak. Lex Crimen, 7(3), 123–131.
Zahirah, U., Nurwati, N., & Krisnani, H. (2019). Dampak Dan Penanganan Kekerasan Seksual Anak Di Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 10. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i1.21793
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.