PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13463Keywords:
teams games tournament (TGT), keaktifan belajar, pembelajaran kooperatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament guna meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pkn kelas V SD Negeri Ngadirejo 04 tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif deskripsi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan menggunakan presentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri Ngadirejo 04 tahun ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran pkn. Berdasarkan observasi, keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase pada siklus pertama dan kedua mengalami peningkatan, yaitu dari 51,3% menjadi 74,8%6. Oleh karena itu, peningkatan rata-rata ini kurang lebih 23,5% dibandingkan rata-rata pada siklus pertama. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri Ngadirejo 04.Downloads
References
Anas, Muh Ishak, Muhammad Anas, and Nur Fadhilah Umar. 2023. “Pengaruh Antara Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Sinjai.” Pinisi Journal of Education 3(5):268–77.
Colomer, Jordi, and Remigijus Bubnys. 2021. “Formulating Modes of Cooperative Leaning for Education for Sustainable Development.”
Dimyati, and Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Falah, Anisak Nur. 2018. “Peningkatan Keaktifan Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt.” Basic Education 7(28):2-733-2.742.
Farias, R. L. S., Rudnei O. Ramos, and L. A. da Silva. 2009. Numerical Solutions for Non-Markovian Stochastic Equations of Motion. Vol. 180.
Fauzi, Moh. Fery, Miftahul Fadliah Buhun, and Agus Purwadi. 2019. “The Influence of Teams Games Tournament (TGT) toward Students’ Interest in Arabic Language Learning.” Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 2.
Hamdani, Muhamad Surya, Mawardi, and Krisma Widi Wardani. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 Untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(4):440. doi: 10.23887/jisd.v3i4.21778.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Iskandar, Dadang, and Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media.
Jaelani, Aceng. 2015. “Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi).” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2(1):1–16. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189.
Lestari, Wahyu, and Ani Widayati. 2022. “Implementation of Teams Games Tournament to Improve Student’s Learning Activity and Learning Outcome: Classroom Action Research.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14(4):5587–98. doi: 10.35445/alishlah.v14i4.1329.
Luthfi, Muhamad Rizqi Amridzal, Choirul Huda, and Joko Susanto. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 Di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.” Jurnal Paedagogy 8(3):422. doi: 10.33394/jp.v8i3.3902.
Manaf, Abdul. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Promotif (Face to Face Promotive Interaction) Pada Materi Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan RumahKu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 11 PIDIE.” Jurnal Eksperimental 10:10–18.
Nuswantara, Angger Wahyu, Adi Rachman, and Dwi Cahyo Kartiko. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Ketuntasan Belajar Shooting Bola Basket.” Jpok 9(1):193–203.
Otomotif, Pendidikan Teknik, Fakultas Teknik, and Universitas Negeri Malang. 2023. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKRO 1 PADA MATA PELAJARAN PKKR Pendidikan Adalah Hal Yang Krusial Bagi Tiap Bangsa . Pendidikan Adalah Suatu Upaya Untuk Merubah Kualitas.” 7(2):101–8.
Panggayuh, P. B. 2018. “Implementasi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.” IAIN Ponorogo 76.
Panhwar, Abdul Hameed, and Melanie J. Bell. 2023. “Enhancing Student Engagement in Large ESL Classes at a Pakistani University.” Educational Action Research 31(5):964–80. doi: 10.1080/09650792.2022.2089191.
Putri, Anita Eviana, Ayu Wahyuni, and Dewi Sri Kuning. 2019. “Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Sma Pada Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif.” Semnasfip 140–47.
Shalahudin, and Widiya Wati. 2021. “Penggunaan Metode Team Games Tournament Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa.” Journal of Integrated Elementary Education 1:108–18.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sholicha, Masriatus, Veni Indrawati, Lucia Pangesthi, and Asrul Bahar. 2021. “Jurnal Tata Boga Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk.” 10(2):234–45.
Sholihah, Anifatus, and Heni Dwi Arista. 2023. “Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Materi Teks Artikel.” Jurnal Pendidikan Bahasa 12(1):95–105. doi: 10.31571/bahasa.v12i1.5057.
Silva, Rita, Cláudio Farias, and Isabel Mesquita. 2021. “Cooperative Learning Contribution to Student Social Learning and Active Role in the Class.” Sustainability (Switzerland) 13(15). doi: 10.3390/su13158644.
Sirajuddin. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH.” Jurnal Ekonomi Efektif 2(3):496–504.
Winarti. 2013. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidkan VIII(2):123–32.
Yahya, M., Kurnia Ningsih, and Yokhebed. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Menggunakan Model Picture and Picture Berbantuan Handout Materi Organisasi Kehidupan.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 6(2):1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.