ANALISIS LITERATUR PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13405Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar diperlukan penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Penelitian ini melakukan analisis dari berbagai artikel, jurnal, dan dokumen mengenai penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Tinjauan pustaka ini berfokus pada model Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Dalam pembelajaran memerlukan peran model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran. Penerapan model pembelajaran memiliki peran penting sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil studi literatur, model PBL ini berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Diharapkan seluruh elemen masyarakat sekolah dasar dapat mendukung penerapan model PBL untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Afifah, D., & Minsih. (2021). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media benda konkret pada siswa kelas V SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 30–39.
Antika, R., & Nawawi, S. (2017). The effect of project based learning model in seminar course to student’s creative thinking skills. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72–79. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3905
Argo, C. B., Sukmayadi, T., & ‘Ainurrohmah, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas. http://eprints.uad.ac.id/21455/
Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859
Ka’u, H. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3329–3335. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3400
Mukhbitah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312-321.
Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48.
Prayuda, S. W., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Muatan Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Dan Gambar Pada Siswa Kelas 4 SDN Bringin 01. Justek, 1(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.399
Rahayu, D. P. (2020). Improvement of Science Learning Outcomes Through the Problem Based Learning (PBL) Model for Grade 4 Elementary School Students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 83-92).
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD Application of Problem Based Learning model to increase science learning result of 4th grade student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 36. No. 5, 3456–3465.
Ramadhani, M. A., & Shofiyah, N. (2023). Problem Based Learning (PBL) Model on Grade 5 Science Learning Outcomes in Elementary Schools: Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 5 di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education Methods Development, 18(2), 10.21070/ijemd.v22i.744. https://doi.org/10.21070/ijemd.v22i.744
Riyanto, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa di Kelas Vi SD Negeri Sridadi 04 Mengenai Sifat Magnet. JGURUKU: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), 3031–8181.
Saleh, A., Ahda, Y., & Fitria, Y. (2020). Improving Science Learning Activities and Outcomes by Using Problem Based Learning Model at Elementary School. Jurnal Basicedu, 4(4), 1388–1397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.578
Shahab, A. D. I. (2020). Application of problem based learning models to improve magnetic materials learning results. Social, Humanities, and Educational Studies, 3(3), 892. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.46084
Sudarmono, S., Hasibuan, L. ., & Anwar Us, K. . (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.448
Suginem, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32–36. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i1.3149
Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya hasil belajar IPA siswa melalui model problem based learning berbantuan media audio visual. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran/Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865
Suprihatin, T. H. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 030 Bagan Jaya. Deleted Journal, 3(2), 62–66. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1785
Susmidah, H. A. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Gempolsari I .Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 2, 46-50. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v2.1030
Syakrani, A. W., Hasuna, F., Hamidah, H., Hermida, H., & Sawitri, K. (2022). Model, Tujuan Dan Sistem Pendidikan di Negara Indonesia. Adiba: Journal Of Education, 2(4), 528-538.
Thomas, J. W. & Mergendoller, J.R. (2000). A review of reseacrch on project based learning. California: The Aoutodesk Foundation 111 Mclnnis Parkway San Rafael.
Triyanti, Murtono, & Sri, U. (2021). Problem Based Technology and Science Development to Improve Science Learning Outcomes in Elementary Schools. ANP Journal of Social Science and Humanities , 2(2), 151-156. https://doi.org/10.53797/anp.jssh.v2i2.21.2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.