PENERAPAN TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Angri Lismayani Angri Universitas Negeri Makassar
  • Rusmayadi Universitas Negeri Makassar
  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar
  • Fitriani Dzulfadhilah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13392

Keywords:

Token ekonomi, perilaku proposial, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilakuprososial anak usia dini melalui penerapan token ekonomi. Perilaku prososial adalah aspekperkembangan moral yang mencakup perilaku sepertiempati, kerjasama dan peduli. Penelitian ini telahdilaksanakan pada anak usia dini. Jenis penelitian iniadalah deskriptif kualitatif menggunakan metodeobservasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini. Objek penelitian adalah penerapan token ekonomiuntuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Hasil yang diperoleh pada tahap pertama yaitu 48% telah mencapai ketuntasan sedangkan pada tahapkedua perilaku prososial meningkat menjadi 85% mencapai ketuntasan. Dari tahap pertama dan tahapkedua terdapat peningkatan perilaku prososial sebesar37% dengan penerapan token ekonomi, hal inimenunjukkan penerapan token ekonomi dapatmeningkatkan perilaku prososial anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalo, I. G., & Widiastuti, A. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Token Ekonomi dalam Menurunkan Perilaku Disruptif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.622

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Anggraeni, W. (2018). Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS | 2017 “. 2013, 217–221. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/snbk2017/snbkk2017/paper/viewFile/2069/2026

Aprilia, F., & Wardhani, J. D. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Tingkat Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4069

Aprilianti, Heryanto, D., & Mulyasari, E. (2017). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(1), 63–75.

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Ernia Deniati, D. (2023). Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 187–192. https://acrobat.adobe.com/id/urn:aaid:sc:AP:616b59b9-c318-490f-8fe8-48d507849f80

Haryani, R. I., Dimyati, & Fauziah, P. Y. (2021). Peranan Pengasuhan Kakek dan Nenek terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Rahiem, M. D. H. (2023). Upaya Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.440

Rizqiyani, R., & Asmodilasti, A. (2020). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak PERILAKU PROSOSIAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK DILIHAT DARI PENDIDIK ANAK USIA DINI. Junal Pendidikan Anak, 6(1). http://orcid.org/0000-0002-0583-1845

Rosdiana, A. M. (2022). Teknik Token Ekonomi : Teori dan Aplikasi. CONSEILS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 42–52. https://doi.org/10.55352/bki.v2i2.658

Downloads

Published

2024-04-28