PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI KELAS 4 SEKOLAH DASAR MATERI BANGUN DATAR

Authors

  • Margareta Puji Rahayu Universitas Sanata Dharma
  • Irine Kurniastuti PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13353

Keywords:

Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, modul ajar matematika, bangun datar

Abstract

Penelitian berlatar belakang adanya keragaman karakteristik dan kebutuhan siswadalam kelas serta kesulitan yang dijumpai siswa dalam pelajaran matematikaterkhusus materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan modulajar berdiferensiasi kelas 4 SDN Tirtosari, 2) mengetahui kualitas modul ajar. Jenispenelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan prosedurpengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, danEvaluation. Teknik Pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara,kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis datakualitatif dan data kuantitatif. Subjek penelitian kelas 4 SDN Tirtosari. Penelitianmenunjukkan hasil kualitas modul pembelajaran berdasarkan 3 validator termasukkategori “sangat baik” dengan rata – rata skor 3,59 dari skor maksimal 4. Uji cobaproduk terhadap 11 siswa menghasilkan peningkatan sebesar 65,68% dari rata –rata nilai pretest yakni 44 menjadi rata rata 72,9 pada posttest. Hal ini menunjukkanpenggunaan modul ajar matematika materi bangun datar yang dikembangkan layakdigunakan. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, modul ajar matematika, bangun datar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology. University of Georgia.

Cahyati, N. N., Munawarah., & Reza, A. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunaya. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Fadhila, T., Yusnita., & Ermayanti. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 71-81. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6771

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(2), 10006–10014. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1568

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720

Marlina. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif. Afifa Utama, Padang. Diakses melalui: http://repository.unp.ac.id/32203/

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130 - 138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Permatasari, D., Fahira, R. R., Farida, A., Salsabila, Z., Nauval Muwaffiq, M., & kunci, K. (2022). Pendampingan belajar matematika bagi siswa berkebutuhan khusus slow learner. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas

Purba, M., dkk. (2021). Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar. Kemendikbudristek: Jakarta.

Syarqia, L. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model problem based learning (PBL) untuk menstimulasi keterampilan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Skripsi; Universitas Lampung.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio: Journal of Educational Innovation, 2(1). DOI: 10.18551/erudio.2-1.2

Downloads

Published

2024-04-28