PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI KELAS 4 SEKOLAH DASAR MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13353Keywords:
Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, modul ajar matematika, bangun datarAbstract
Penelitian berlatar belakang adanya keragaman karakteristik dan kebutuhan siswadalam kelas serta kesulitan yang dijumpai siswa dalam pelajaran matematikaterkhusus materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan modulajar berdiferensiasi kelas 4 SDN Tirtosari, 2) mengetahui kualitas modul ajar. Jenispenelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan prosedurpengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, danEvaluation. Teknik Pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara,kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis datakualitatif dan data kuantitatif. Subjek penelitian kelas 4 SDN Tirtosari. Penelitianmenunjukkan hasil kualitas modul pembelajaran berdasarkan 3 validator termasukkategori “sangat baik” dengan rata – rata skor 3,59 dari skor maksimal 4. Uji cobaproduk terhadap 11 siswa menghasilkan peningkatan sebesar 65,68% dari rata –rata nilai pretest yakni 44 menjadi rata rata 72,9 pada posttest. Hal ini menunjukkanpenggunaan modul ajar matematika materi bangun datar yang dikembangkan layakdigunakan. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, modul ajar matematika, bangun datarDownloads
References
Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology. University of Georgia.
Cahyati, N. N., Munawarah., & Reza, A. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunaya. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Fadhila, T., Yusnita., & Ermayanti. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 71-81. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6771
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(2), 10006–10014. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1568
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Marlina. (2020). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif. Afifa Utama, Padang. Diakses melalui: http://repository.unp.ac.id/32203/
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130 - 138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Permatasari, D., Fahira, R. R., Farida, A., Salsabila, Z., Nauval Muwaffiq, M., & kunci, K. (2022). Pendampingan belajar matematika bagi siswa berkebutuhan khusus slow learner. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas
Purba, M., dkk. (2021). Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar. Kemendikbudristek: Jakarta.
Syarqia, L. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model problem based learning (PBL) untuk menstimulasi keterampilan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Skripsi; Universitas Lampung.
Tomlinson, C. A., & Moon, T. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio: Journal of Educational Innovation, 2(1). DOI: 10.18551/erudio.2-1.2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.