IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI SAMPANGAN 01

Authors

  • Ananda Heryunita Puspitasari Universitas Negeri Semarang
  • Farid Ahmadi PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13349

Keywords:

Sekolah Penggerak, berdiferensiasi, pembelajaran

Abstract

Menjadi Sekolah Penggerak tentunya memiliki kewajiban dalam memberikan contoh implementasi pendidikan khususnya pembelajaran berdiferensiasi, masalah yang ditemui di SD Negeri Sampangan 01 adalah minimnya persiapan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses persiapan, pelaksanaan dan evaaluasi penerapan pembelajran berdiferensiasi. Metode penelitian yang dilaksanakan yakni metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi pada persiapan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Hasil penelitian menunjukkan persiapan yang diberikan di SD Negeri Sampangan 01 memberikan pelatihan bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar tercapai tujuan pendidikan yang ditetapkan meliputi kebutuhan lingkungan pendidikan, tantangan kurikulum, penilaian yang berkelanjutan dan kemampuan guru untuk menyajikan pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Pelaksanaan telah berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan belajar pesertadidik dan evaluasi yang diterapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah Melani Firdaus, Afakhrul Masub Bakhtiar. 2022. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Peserta didik – Siswi Di UPT SDN 25 Gresik.” 08:2135–47.

Albar, Joni, Sri Wardani, and Sarwi Sarwi. 2021. “The Effect of Flipped Classroom Based STEAM Approach on Mastery of Concepts and Interpersonal Intelligence in Online Learning.” Journal of Primary Education 10(2):129–40.

Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan 1(2):42–50. doi: 10.56444/soshumdik.v1i2.73.

Aprima, Desy, and Sasmita Sari. 2022. “Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(1):95–101.

Astiti, Kadek Ayu, Amiruddin Supu, I. Wayan Sukarjita, and Vinsensius Lantik. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 4(2):112–20. doi: 10.23887/jppsi.v4i2.38498.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6(2):524–32.

Farid, I., R. Yulianti, A. Hasan, and T. Hilaiyah. 2022. “Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1707–15.

Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3):250–58.

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):175–82. doi: 10.21009/PIP.352.10.

Kamal, Syamsir. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Volume 1 N(September 2021):1–12.

Makhrus, Muh., Ahmad Harjono, Abdul Syukur, Syamsul Bahri, and Muntari Muntari. 2019. “Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 3(2):124–28. doi: 10.29303/jipp.v3i2.20.

Nur Ghufron, M. and Rini Risnawitaq S. 2017. Teori-Teori Psikologi. 2nd ed. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahayu, Restu. 2022. “Analisis Profil Gaya Belajar Peserta didik Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru.” Jurnal Basicedu 1(8):1913–22.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):8248–58. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, and Intan Permata Sari. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04):529–35. doi: 10.57008/jjp.v2i04.301.

Wuarlela, Mouren. 2020. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Daring Untuk Mengakomodasi Modalitas Belajar.” ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(2):261–72. doi: 10.30598/arbitrervol2no2hlm261-272.

Wulandari, Ade Sintia. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12(3):682–89. doi: 10.37630/jpm.v12i3.620.

Yusri, Radhya, Sofia Edriati, and Rival Yuhendri. 2021. “Pembekalan Teknik Penilaian Dalam Bentuk Task Berorientasi Hots (High Order Thinking Skill) Di SMPN 21 Padang.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(2):32–37.

Yuwono, Pratik Hari. 2016. “Pengembangan Intelegensi Musikal Peserta didik Melalui Pembelajaran Musik Di Sekolah.” KHAZANAH PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(1):25–38.

Downloads

Published

2024-04-28