UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI TEKS FIKSI DAN NON FIKSI MELALUI IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN PETA KONSEP MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI SISWA KELAS 6B SDN 03 KLEGEN SEMESTER II TH 2023/2024

Authors

  • Nursa'adin Ulhaq Universitas PGRI Madiun
  • Ninik Endrawati Universitas PGRI Madiun
  • Yudi Hartono Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13332

Keywords:

Peta konsep, teks fiksi dan non-fiksi,canva,PBL.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal terkait materi teks fiksi dan nonfiksi pada penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan bantuan peta konsep menggunakan aplikasi Canva. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 6B SDN 03 Klegen semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subyek penelitian adalah siswa kelas 6B SDN 03 Klegen jumlah 28 anak. Data diperoleh hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Pada siklus 1 pembelajaran dilaksanakan secara konvensional,sementara pada silus 2 pembelajaran menerapkan PBL dengan peta konsep melalui aplikasi Canva.Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 67,55 % dengan nilai rata-rata 65,55 dan pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 78 .Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum mencapai ketuntasan minmal yang diharapkan sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah ketuntasan minimal yang ditetapkan.Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan PBL dengan peta konsep melalui aplikasi Canva meningkatkan hasil belajar siswa pada teks fiksi dan nonfiksi. Kesimpulan penelitian ini adalah pentingnya pengintegrasian teknologi ke dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep pembelajaran.Kata Kunci : Peta konsep, teks fiksi dan non-fiksi,canva,PBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning (Cetakan Ke). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Jurnal :

Nunuk Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2ini),1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Raaihani, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (Canva) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Skripsi. FKIP UNPAS.

Ramli, A., & Dangnga, T. (2002). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. 5–7.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JUMIA), 2(1),102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2il.24

Adica. (2022). Problem Based Learning (PBL) Menurut Beberapa Cendekiawan. Manajemen Pendidikan (Silabus WEB ID)

Zuriati, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4 No.3

Downloads

Published

2024-04-23