IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN POLISI 2 BOGOR

Authors

  • Annisa Nahdiah Universitas Pakuan
  • Mursidah Rahmah
  • Riksa Suci Imaniah

Keywords:

Problem Based Learning, Pembelajaran IPAS, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Polisi 2 Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2024, bertempat di SDN Polisi 2 Bogor. Penelitian ini memuat kegiatan guru kelas dalam memberikan tindakan terhadap peserta didik, khususnya dalam pembelajaran IPAS mengggunakan model problem based learning yang mana menuntut peserta didiknya untuk siap menghadapi tantangan di masa depan dengan menigkatkan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintific kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, K. S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal :

Avini Martini, & Cep Deni Wahyudin. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Jual Beli Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl). Visipena Journal.

Dakhi, Agustin. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3): 350–61.

Liga, A.V., dkk . (2023).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 3 SDN Cipocok Jaya. Bina Bangsa

Farisi, A., Hamid, A., & Melviana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283-287.

Mardiah, E., Hamdani, A., & Komaro, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal Of Mechanical Engineering Education.

Nahdiah, Annisa., dkk (2022) Implementasi keterampilan abad-21 dalam kegiatan pembelajaran. Journal Unpas

Noor Rofiq, A. Rafiq, & Muhammad Agus Wardani. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(Ips). Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam.

Sudana, D. N. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Pada Guru-Guru Di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal Of Community Service Learning.

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3d V2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika.

Wijayaningrum, W. (2016). Profil kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran model kooperatif tipe formulate-share-listen-create(fslc) ditinjau dari penalaran matematis siswa di Smpit At-Taqwa Surabaya. E-Journal UIN Sunan Ampel Surabaya.

Peraturan Perundang-undangan :

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendikbud nomor 81A tahun 2013. Implementasi kurikulum, lampiran IV. Jakarta: Pedoman umum pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-23