DESAIN DAN KELAYAKAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dino Rohim Universitas PGRI Yogyakarta
  • Muhardila Fauziah Universitas PGRI Yogyarkarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13270

Keywords:

Bahan Ajar Berbasis contextual learning, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan menulis permulaan siswa fase A di sekolah dasar yang layak digunakan. Bahan ajar ini berupa materi menulis permulaan untuk siswa kelas 1. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan mnehhunakan model pengembangan 4-D (Four-D Models) yang meliputi (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Tahap yang dilakukan peneliti disederhanakan dan tidak sampai pada tahap disseminate (penyebaran) karena hanya untuk melihat dari kelayakan media yang sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli materi praktisi dan oleh valiadasi ahli media. yang mana hanya dilakukan difine (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan) yang hanya dilakukan dengan meminta validasi dari ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi dan ahli materi praktisi mendapatkan presentase 93,53% dengan kategori layak. Hasil penilaian ahli media bahan ajar mendapatkan presentase 82,85% dengan ketgori layak. Dengan dilakukan validasi dari setiap ahli materi dan ahli media maka bahan ajar berbasis contextual learning layak untuk digunakan oleh siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edwar, R., & Padang, U. N. (2019). Proposal Pengembangan. January, 0–79.

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439

Fauziah, M. (2016). Developing Intensive Reading Learning Tools Based on Cooperative model Investigation Group Type at Third Grade of Elementary School. Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1), 1689–1699. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Fauziah, M., & Nurjani. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI DENGAN STRATEGI QUANTUM WRITING BEBANTUAN MEDIA PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(4), 863–876. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i4.4118

Fauziah, M., Sulaeman, Y., & Chandra, C. (2020). Pengembangan Lks Tematik Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Kegiatan Lesson Study Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1559

Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Oleh. II(01), 1–12.

Novia Rivalda. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Repository.Upi.Edu, 4(1), 1–23.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I Sdn 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586

Ulfaidah, U., Purna Irawan, A., Solikhatin Firda, N., Irman Fatma Wiguna, M., & Suparmanto, S. (2022). Strategi Pembelajaran Dengan Menggunakan Kontekstual. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 69–78. https://doi.org/10.24239/albariq.v3i2.30

Downloads

Published

2024-04-23