PENGARUH EKSTRAKURIKULER PASKIBRA TERHADAP PENGAMALAN NILAI-NILAI NASIONALISME DI SMKN 4 PEKANBARU

Authors

  • Kurnia Wirawan Universitas Riau
  • Hambali Hambali Universitas Riau
  • Indra Primahardani Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13205

Keywords:

influence, paskibra, nationalism, students

Abstract

This research is based on problems that often occur in the school environment, one of these problems is the fading of nationalist values. Among the factors that influence this is the process of globalization. Several studies say that there is a weakening or shallowing of Nationalism among the younger generation. Triatna (2013) said that in the current era of globalization, the spirit of nationalism among the younger generation is experiencing a decline. The weakening of the spirit of nationalism in the younger generation could be a risk of weakening the values ​​of patriotism which are the basis of our love for our beloved homeland. The aim of the research is to find out whether there is an influence of extracurricular activities on the practice of nationalist values ​​at SMKN 4 Pekanbaru. This research uses quantitative methods with a statistical approach. This research was conducted using observation, questionnaire and documentation methods. Based on the results of statistical data tests, it was obtained that Fhit ≥ Ftab, namely 78.013 ≥ 4.09, this means that the hypothesis in this study is accepted. Furthermore, the coefficient of determination value was 0.667. Based on these results, it can be concluded that the influence of Paskibra Extracurricular on the Practice of Nationalist Values ​​at SMKN 4 Pekanbaru is 66.7% at the "Strong" level.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman. 2014. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aripin, Beni Bandajini. 2012. Buku Panduan Paskibra. Pandeglang: T.P.

Sugiyono. 2010. Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alphabet.

Basuni, Bistari. (2021). Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1).

Fauziah, Rizka, Sri Erlinda, & Gimin. (2016). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera(Paskibra) Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswadi Smp Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fkip-Ur.

Fibrianto, Alan Sigit, & Syamsul Bakhri. (2017). Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan 2 (2), 75-93.

Hasanah, Nurul, Gimin, & Hambali. (2019). Pengaruh Ekstrakurikuler Paskibra Terhadap Karakter Disiplin Smp Negeri 25 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiwa Fkip-Ur, 6(1).

Hasanah, Sitti Uswatun. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3 (2), 211-225.

Lestari, Sri Uji, Ufi Saraswati, & Abdul Muntholib. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal Of History Education, 6 (2), 205-215.

Sulistyo, Dian Bayu, Yosaphat Haris Nusarastriya, & Nani Mediatati. (2017). Implementasi Program Kerja Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Mengembangkan Sikap Kepemimpinan Siswa Kelas Xi Smk Tahun Pembelajaran 2017-2018. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 133-139.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga Nomor 0065 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Aprandi, Hendra. (2018). “Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi”.

Asyar, Pratama Al. (2021). “Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Buku Siswa Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas Iv Sd/Mi Tema 7 Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Damhudie, Pissya Sekar Sari. (2020). “Hubungan Ekstrakulikuler Paskibra Dengan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Di Sman 1 Banjarbaru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Julyani, Popi Haryanti. (2016). “Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera dalam Menumbuhkan sikap nasionalisme Siswa”. Skripsi. Universitas Pasundan, Bandung.

Lestari, Chanda Anry. (2020). “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Ma Al-Awwabin Tahun 2018/2019”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lubis, Namiroh. (2020). “Model Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Ilmu dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Tiwi, Trian. (2019). “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Terhadap Rasa Nasionalisme Dikalangan Pelajar Smp Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020”. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Downloads

Published

2024-05-17