KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13166Keywords:
Pendidikan Keluarga, Islam, PendidikAbstract
Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang utama dan pertama bagi anak. Dalam membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, maka perlu pendidikan sejak usia dini. Kedudukan pendidikan Islam dalam keluarga menempati posisi yang sangat penting agar terbentuknya tatanan masyarakat yang ideal khususnya dalam keluarga. Maraknya kasus yang bertolak belakang dengan pendidikan keluarga dalam Islam, maka perlunya tindakan preventif dengan menanamkan pendidikan Islam sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pendidikan keluarga perspektif Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan/ library research. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumentasi dan teknik analisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah, adanya tiga poin besar yang dibahas, pertama, tujuan pendidikan keluarga perspektif Islam adalah memelihara dari api neraka, beribadah kepada Allah Swt dan membentuk akhlak mulia. Kedua, metode pendidikan keluarga perspektif Islam meliputi metode keteladanan, kebiasaan, nasihat dan cerita, kedisiplinan dan metode perhatian. Ketiga, tahap pendidikan anak dalam keluarga diantaranya memilih pasangan terbaik, kumandangkan azan di awal kelahiran anak, memberi nama yang baik pada anak serta berlaku adil.Downloads
References
’Ulwan, A. N. (2012). Pendidikan Anak Dalam Islam. Surakarta: Insan Kamil.
Ahid, N. (2010). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anis, M. (2012). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.
Falah, S. (2014). Parents Power. Jakarta: Republika Penerbit.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses dan Hasil Penelitian. Malang.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Irsyad, M. (2019). Alangkah Bijaknya Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Semesta Hikmah Publishing.
Iyunk, B. S. (2018). Nikmatnya Bersyukur: Merajut gaya Hidup Penuh Bahagia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Jalaluddin. (2016). Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mahfud, C. (2014). THE POWER OF SYUKUR: Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Qur’an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2). https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.377-400
Muchtar, H. J. (2005). Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Namin, N. (2015). Kesalahan Fatal Keluarga Islami Mendidik Anak. Jakarta: Kunci Iman.
Nata, A. (2013). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Salahuddin, A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sunarsa, S. (2020). Penelusuran Kualitas & Kuantitas Sanad Qiraat Sab (Kajian Takhrij Sanad Qiraat Sab). Jawa Tengah.
Supriyono. (2015). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Masa Kini. Jakarta: Kemendikbud.
Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam Metode Komunikatif Dalam Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Taubah, M. (2016). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI). JUrnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136. Retrieved from http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/41
Taufik Hidayat, I. T. (2022). I Implikasi Pendidikan Dari Al-Quran Surat Adz-Dzariyat Ayat 56 Tentang Tujuan Penciptaan Manusia Terhadap Upaya Pendidikan Dalam Membentuk Manusia Yang Taat Beribadah. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 548–556. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.4500
Wiratri, A. (2018). Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia ( Revisiting the Concept of Family in Indonesian Society ). 13(1), 15–26.
Yusmiar, A. (2015). Pendidikan Anak Dalam Rumah Tangga Berdasarkan Perspektif Islam. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Zaenuri, A. (2019). Pendidikan Dalam Al-Qur ’ an (Konsep Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an). Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(2), 19–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.