SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: METODE PENILAIAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI

Authors

  • Gunawan Ari Nursanto Manajemen Teknologi Keimigrasian Politeknik Imigrasi
  • Radica Arino Rahman Manajemen Teknologi Keimigrasian Politeknik Imigrasi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13163

Keywords:

Application, User and Systematic Literature Review

Abstract

This research aims to encourage the development of technology and applications through identification, analysis, and contribution of literature in the field of education and science. Using the Systematic Literature Review (SLR) method, this research examines various articles related to user satisfaction, system quality, and usability testing. Of the 55,554 articles assessed, only 38 articles met the criteria to serve as data sources, which were collected from Google Scholar, IEEE Xplore, and ScienceDirect. The main focus of this research was on apps as the most frequently used platform, with an emphasis on user satisfaction. The research methods used include quantitative approaches and frameworks such as the Technology Acceptance Model (TAM) and End User Computing Satisfaction (EUCS). The results show that the EUCS method is the most popular for assessing user satisfaction, based on variables such as content, accuracy, appearance, format, and application usability.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Gunawan Ari Nursanto, Manajemen Teknologi Keimigrasian Politeknik Imigrasi

Penelitian ini bertujuan untuk mendorong perkembangan teknologi dan aplikasi melalui identifikasi, analisis, dan kontribusi literatur dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini mengkaji berbagai artikel yang berkaitan dengan kepuasan pengguna, kualitas sistem, dan usability testing. Dari 55.554 artikel yang dinilai, hanya 38 artikel yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai sumber data, yang dikumpulkan dari Google Scholar, IEEE Xplore, dan ScienceDirect. Fokus utama penelitian ini adalah pada aplikasi sebagai platform yang paling sering digunakan, dengan penekanan pada kepuasan pengguna. Metode penelitian yang digunakan meliputi pendekatan kuantitatif dan framework seperti Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS).

References

Agustina, R., & Abdillah, L. A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). 692–701. http://arxiv.org/abs/2207.00642

Ardiansyah, M. I. N. (2019). Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penggunan Aplikasi Sister For Student Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. In Jurnal Sistem Informasi. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91797

Ariska, A. S., & Rudi Sanjaya, M. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Berbasis Website Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Indonesian Journal of Computer Science, 12(6). https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3583

Arribe, E., Aryanto, A., & Aulia, S. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SIGNAL NASIONAL MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus : Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau (BAPENDA). Journal of Software Engineering and Information Systems, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.37859/seis.v2i1.3377

Assiroj, P., Imigrasi, P., & Wijaya, G. J. (2023). Analisis Efektivitas Aplikasi E-Arsip Pada Kantor Imigrasi Kelas I Tpi Cilacap. Jurnal Ilmiah Kajian Keimigrasian Politeknik Imigrasi, 6(1), 31–54. https://doi.org/10.52617/jikk.v6i1.406

Assobarry, N. H., Sabila, F. N., Hadiwiyanti, R., & Widayaka, A. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sikda Menggunakan Framework Pieces Di Dinkes Sidoarjo. Prosiding Smeinar SITASI, November, 1–9. http://sitasi.upnjatim.ac.id/index.php/sitasi/article/view/3/2

Aulia, E. R., Candra, D. D., & Wardani, L. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Canva Di Indonesia Menggunakan Metode Tam. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 4(1), 128–140. https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.3313

Ayu Rinjani, A. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana Menggunakan Metode EUCS Dan IPA. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(2), 123. https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i2.655

Bawardi, F. S., Rachmadi, A., & Wardani, N. H. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 7694–7700.

Bowoleksono, F. H. B., Kusumawardani, D. M., & Fathoni, M. Y. (2022). Evaluasi Kinerja Aplikasi PakBudi Terhadap Minat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Perguruan Tinggi Swasta. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(1), 13. https://doi.org/10.30595/jrst.v6i1.9916

Darwati, L. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi WETV Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(4), 34–42. https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3217

DS, A., & Sanjaya, R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(2), 214–222. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5273

Fahmi, Z., & Canta, D. S. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Non PNS dengan Customer Satisfaction Index Framework. Jurnal Sosial Teknologi, 2(4), 352–360. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.325

Feng, Q. C., & Wang, X. (2022). Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Kepada Para Remaja. Procedia Computer Science, 166, 310–314. https://www.binadarma.ac.id

Gunawan, H., Yulia, Y., & Budhi, G. S. (2022). Penerapan Machine Learning dalam mendeteksi Fake Account pada Instagram. Jurnal Infra, 121. https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/12811%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/viewFile/12811/11111

Hilabi, S. S., & . P. (2018). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN APLIKASI MEDIA SOSIAL WhatsApp MOBILE ONLINE. Buana Ilmu, 3(1), 119–136. https://doi.org/10.36805/bi.v3i1.461

Kategori, M., Sehat, O., & Desa, D. I. (2021). 3 1,2,3. 4, 213–218.

Kurniasih, I., & Pibriana, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 181–198. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.787

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 22–37. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846

Nur, A. S., Rizka, & Rosyadi, I. (2021). Justisia Ekonomika. Justisia Ekonomika, 5(1), 29–40. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Patmalasari, D., & Indriyanti, A. D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Model UTAUT. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 02(02), 37–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39559/34526

Rahayu, E. F. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). ICIT Journal, 6(2), 213–226. https://doi.org/10.33050/icit.v6i2.1118

rezki dwy putra. (2021). analisis kepuasan pengguna aplikasi flip.id menggunakan metode TAM dan EUCS. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 4.

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157

Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375

Sihotang, F. P., & Putri, D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Di Kota Palembang Dengan Metode EUCS. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 498–507. http://jurnal.mdp.ac.id

Stefany, B. A., Wibowo, F. M., & Wiguna, C. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Information Systems and Informatics, 3(1), 172–184. https://doi.org/10.33557/journalisi.v3i1.107

Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10(1), 25–43.

Downloads

Published

2024-03-31