PENGUATAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SENI TARI DI SD

Authors

  • Dita Ihsaniah Putri Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1301

Keywords:

Influence,, Character Education,, Dance., Pengaruh,, Pendidikan Karakter,, Seni Tari.

Abstract

Character Education Strengthening (KDP) is an educational movement in schools to strengthen students' character through harmonization of heart (ethics), taste (aesthetics), thinking (literacy), and sports (kinesthetic) with the support of public involvement and cooperation between schools , family and community. The five main values ​​of KDP priority characters are Religious, Nationalist, Mutual Cooperation, Integrity, Mandiri. But we now know that character education at this time seems to be still low in morale of students. For this reason the aim of this study is to find out the Implementation of Character Education through Extracurricular Activities in the dance arts of Semarang and surrounding elementary schools, and to know the supporting and inhibiting factors of the character education of students. This research is a qualitative description research. The technique of retrieving data and observations is obtained through using questionnaires or questionnaires, interviews, and documentation.   Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Lima nilai utama karakter prioritas PPK adalah Religius, Nasionalis, Gotong Royong, Integritas, Mandiri. Namun kita ketahui sekarang bahwa pendidikan karakter saat ini tampak masih rendahnya moral peserta didik. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Impelementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni tari di SD Semarang dan sekitarnya, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengambilan data dan observasi diperoleh melalui menggunakan angket atau kueisioner, wawancara, dan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta

Agung, Iskandar. 2012. Strategi Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan di sekolah. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

Anas, S Dan Irwanto, A. 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Annayanti, Budiningsih. 2010. Uniknya Tarian Jawa. Bogor: Horizon.

Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Kaelan. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Maryati. 2007. Tanya Jawab Tentang Pengembangan Diri Di Sekolah. Semarang: CV Ghiyas Putra.

Noor, Rohinah. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di rumah. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Pekerti, Widia,dkk. 2001. Pendidikan Seni Musik – Tari/ Drama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwatiningsih dan Ninik Hartini. 2004. Pendidikan Seni Tari – Drama di TK – SD. Malang: Universita Negeri Malang.

Solihah, Marliya. 2013. Penanaman Karakter Pada Siswa di MAN Wonokromo Bantul . Skripsi. Jogjakarta : Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sudharto,dkk. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. IKIP PGRI Semarang Press: Semarang.

Downloads

Published

2019-08-20