EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN AWAL MASUK SEKOLAH DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI LARANGAN 7 KECAMATAN LARANGAN KOTA TANGERANG

Authors

  • Indriyati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Yessy Yanita Sari Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nurrohmatul Amaliyah Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12959

Keywords:

Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru, Asesmen, Kesiapan belajar, CIP

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kerangka berpikir bahwa siswa yang masuk di kelas 1 (satu) sekolah dasar belum seluruhnya memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sama dalam kesiapannya masuk di jenjang sekolah dasar, karena tumbuh kembang seorang anak itu memiliki latar belakang dan proses perkembangan yang tidak seragam. Hal tersebut penyebabnya bermacam macam Padahal pada saat proses penerimaan peserta didik baru di sekolah negeri tidak di lakukan asesmen awal untuk memperoleh data tumbuh kembang calon siswa, proses penerimaan siswa baru hanya di laksanakan secara online sesuai dengan keputusan pemerintah daerah. Hal ini membuat pihak sekolah dan pihak orang tua siswa tidak memiliki informasi yang cukup untuk memetakan data siswa yang masuk sehingga pada saat tahun pelajaran di mulai karena minimnya data yang di peroleh sekolah sehingga kurang maksimal dalam melayani peserta didik baru. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan asesmen awal di SD Negeri larangan 7 dalam menunjang proses kegiatan pembelajaran pada siswa kelas 1 (satu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif  dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumen pendukung. Hasil penelititan menunjukkan bahwa dengan di laksanakannya asesmen awal di SD Negeri Larangan 7 membawa pengaruh positif bagi perkembangan prestasi belajar siswa. Dengan di laksanakannya asesmen tersebut pihak sekolah memiliki kesiapan untuk menerima kondisi siswa dengan beragam sehingga guru telah memiliki kesiapan untuk melayani proses kegiatan pembelajaran yang akan di dampinginya dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT Bumi Aksara. In Manajemen Penelitian.

Peabody, E. H. (1990). Book Review: Infants and Young Children with Special Needs: A Developmental and Ecological Approach, Second Edition. Journal of the Association for Persons with Severe Handicaps, 15(2). https://doi.org/10.1177/154079699001500209

Sumasto, H. (2015). pengembangan model deteksi dini tumbuh kembang balita berbasis pemberdayaan Kader. 2 Trik, 3(2).

Trimarco, P. (1998). Trimarco, P. (1998). The Cambridge International Dictionary of English (review). Dictionaries: Journal of the Dictionary Society of North America, 19(1). https://doi.org/10.1353/dic.1998.0019The Cambridge International Dictionary of English (review). Dictionaries: Journal of the Dictionary Society of North America, 19(1). https://doi.org/10.1353/dic.1998.0019

Widoyoko Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1).

(Sumasto, 2015)Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: PT Bumi Aksara. In Manajemen Penelitian.

Peabody, E. H. (1990). Book Review: Infants and Young Children with Special Needs: A Developmental and Ecological Approach, Second Edition. Journal of the Association for Persons with Severe Handicaps, 15(2). https://doi.org/10.1177/154079699001500209

Sumasto, H. (2015). pengembangan model deteksi dini tumbuh kembang balita berbasis pemberdayaan Kader. 2 Trik, 3(2).

Trimarco, P. (1998). Trimarco, P. (1998). The Cambridge International Dictionary of English (review). Dictionaries: Journal of the Dictionary Society of North America, 19(1). https://doi.org/10.1353/dic.1998.0019The Cambridge International Dictionary of English (review). Dictionaries: Journal of the Dictionary Society of North America, 19(1). https://doi.org/10.1353/dic.1998.0019

Widoyoko Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1).

Downloads

Published

2024-03-13