HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12957Keywords:
Intensitas Bermain Game Online, Kecerdaan EmosionalAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui signifikansi hubungan intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kristen Satya Wacana dengan subjek 174 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu adanya hubungan dengan arah negatif variabel intensitas bermain game online dengan variabel kecerdasan emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala intensitas bermain game online dan inventori kecerdasan emosional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai koefisien korelasi (-0,107) dengan sig = 0,045 (p <0,01) yang menunjukan adanya hubungan dengan arah negatif yang signifikan variabel intensitas bermain game online dengan variabel kecerdasan emosional, semakin tinggi skor intensitas bermain game online maka semakin rendah skor kecerdasan emosional. Hasil kategorisasi menunjukan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA Kristen Satya Wacana Salatiga pada kategori Rendah.Downloads
References
Agustin, H. (2018). Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Kelas Xi Siswa Sma Muhammadiyah 5 Palembang. In Skrispi Universitas Negri Raden Fatah Palembang.
Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja Siswa Sma Negeri 1 Kotamobagu. 1, 42–47
Apa Itu Mobile Legends? Ini Cara Memainkannya.Kumparan.Com. 13 Juli 2021. 23 Juli 2022. Https://Kumparan.Com/Info-Sport/Apa-Itu-Mobile-Legends-Ini-Cara Memainkannya-1w6ho5wk6gh/Full.
Azwar. S. (2001). Realibilitas Dan Validitas Spss. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Chaplin, J.P, Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1999.
Goleman, D. 2007. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Cetakan Keempat. Jakarta: Gramedia
Griffiths, M.D, Davies, M.N.O, &Amp; Chappell, D. (2004). Demographic Factors And Playing Variables In Online Computer Gaming. Journal Of Cyber Psychology &Amp; Behavior 2(7), 479-487 Guide And Reference. In Ibm Spss Statistics 26 Step By Step (17th Ed.).
Horrigan, J. B. (2002). New Internet Users:What They Do Online, What They Don’t, And Implications For The ‘Net’s Future. Journal Pew Internet And American Life Project. 1(2), 1-27.
Mobile Legend Bang-Bang. Diakses Pada 2 Oktober 2021 Pukul 19:20 Wib. Dari Https://Duniagames.Co.Id/Game/3091-Mobile-Legends,
Rexy, R. A. P., Barimbing, M., & wawo, B. (2022). HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMP KRISTEN CITRA BANGSA KUPANG. CHMK NURSING SCIENTIFIC JOURNAL, 6(1), 10-17. Retrieved from http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/ners/article/view/1117
Rivai, S. M. (2010). Pengaruh Budaya Sekolah, Kecerdasan Emosional, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri Kabupaten Deli Serdang. Tesis (tidak diterbitkan). Medan: Universitas Negeri Medan. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429056765.
Sobon K Dan Mangundap.( 2019). “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan,Keguruan,Dan Pembelajaran Vol. 3 (1) (102-190)
Sternberg, R.J &Amp; Salovey. (2008). Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods.Cetakan Ke-9. Bandung. Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.