IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V DI SD NEGERI 020 SAMARINDA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12951Keywords:
Kata kunci : Implementasi, Nilai-nilai Pancasila, Pembelajaran PPKnAbstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pancasila pada pembelajaran PPKn kelas V di SD Negeri 020 Samarinda Utara. Adapun jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 020 Samarinda Utara, dengan waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Januari 2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling kepada guru wali kelas V dan siswa kelas V di SD Negeri 020 Samarinda Utara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dengan semi terstruktur, dan peneliti juga mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara data collecting, data reduction, data display, dan conclusion : drawing/verifying. Adapun pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan implementasi nilai-nilai pancasila telah ditanamkan dan telah diterapkan oleh guru kepada siswa, banyak siswa yang telah mengerti dan paham dalam bersikap yang baik, bertingkah laku yang baik dengan sesama teman, dan kepada guru. Akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum bisa menerapkan nilai-nilai tersebut, sehingga masih sangat perlu untuk guru terus mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai pancasila kepada siswa dengan secara nyata di lingkungan kelas. Selain itu fokus terhadap pentingnya pembelajaran PPKn, yang juga sebagai wadah pembelajaran dari penerapan nilai-nilai pancasila sudah sangat baik. Yang mana guru secara sadar telah menanamkan dan menerapkan kegiatan sesuai dengan nilai-nilai pancasila dengan materi pembelajaran PPKn yang ada seperti halnya melaksankan diskusi dan lain-lain.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Afdal, A. (2022). Penerapan Habituasi Dan Punishment Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Samarinda Tahun 2022. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6897-6902. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3402
Gustiani, E., Shalikhah, S. W. A., & Maulia, S. T. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Cerdas dan Baik (Smart and Good Citizen). Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 127-137. https://doi.org/10.572349/civilia.v1i2.299
Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118. https://ummaspul.e-journal.id/edupsycouns/article/view/1304
KETETAPAN MPR RI NO V/MPR/2000,https://bphn.jdihn.go.id/common/dokumen/2000tapmprV.pdf
UNDANG-UNDANG NO 20 TAHUN 2003,https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku, 87.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.