IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V DI SD NEGERI 020 SAMARINDA UTARA

Authors

  • Afdal Afdal Universitas widya gama mahakam samarinda
  • Yuniar Fajriati PGSD FKIP Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Renni Mayasari Bisnis Digital STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda
  • Tri Cahyo Nugroho Adminstrasi Publik Universitas Handayani Makassar
  • Andi Muhdar PGSD FKIP Universitas Lamappapoleonro Soppeng

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12951

Keywords:

Kata kunci : Implementasi, Nilai-nilai Pancasila, Pembelajaran PPKn

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pancasila pada pembelajaran PPKn kelas V di SD Negeri 020 Samarinda Utara. Adapun jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 020 Samarinda Utara, dengan waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Januari 2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling kepada guru wali kelas V dan siswa kelas V di SD Negeri 020 Samarinda Utara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dengan semi terstruktur, dan peneliti juga mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara data collecting, data reduction, data display, dan conclusion : drawing/verifying. Adapun pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan implementasi nilai-nilai pancasila telah ditanamkan dan telah diterapkan oleh guru kepada siswa, banyak siswa yang telah mengerti dan paham dalam bersikap yang baik, bertingkah laku yang baik dengan sesama teman, dan kepada guru. Akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum bisa menerapkan nilai-nilai tersebut, sehingga masih sangat perlu untuk guru terus mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai pancasila kepada siswa dengan secara nyata di lingkungan kelas. Selain itu fokus terhadap pentingnya pembelajaran PPKn, yang juga sebagai wadah pembelajaran dari penerapan nilai-nilai pancasila sudah sangat baik. Yang mana guru secara sadar telah menanamkan dan menerapkan kegiatan sesuai dengan nilai-nilai pancasila dengan materi pembelajaran PPKn yang ada seperti halnya melaksankan diskusi dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afdal, A. (2022). Penerapan Habituasi Dan Punishment Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Samarinda Tahun 2022. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6897-6902. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3402

Gustiani, E., Shalikhah, S. W. A., & Maulia, S. T. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Cerdas dan Baik (Smart and Good Citizen). Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 127-137. https://doi.org/10.572349/civilia.v1i2.299

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118. https://ummaspul.e-journal.id/edupsycouns/article/view/1304

KETETAPAN MPR RI NO V/MPR/2000,https://bphn.jdihn.go.id/common/dokumen/2000tapmprV.pdf

UNDANG-UNDANG NO 20 TAHUN 2003,https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku, 87.

Downloads

Published

2024-03-12