STUDI KASUS PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA KULINER KOTA BUKITTINGGI DENGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Irvan Nanda
  • Iiz Izmuddin

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12942

Keywords:

Marketing Mix, street vendors' income, and digital marketing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap pendapatan pedagang kaki lima pada pedagang kaki lima kuliner di Kota Bukittinggi dan mengestimasi pemasaran digital untuk memoderasi pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap pendapatan pedagang kaki lima pada pedagang kaki lima kuliner. di kota Bukittinggi). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif (penelitian korelasi). Lokasi penelitian di kota Bukittinggi akan dilaksanakan pada tahun 2023 hingga selesai. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden pada seluruh PKL. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah program Warp Partial Least Square. Dengan bantuan software Warp-PLS 5. Hasil penelitian MIX Marketing Strategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima dengan nilai β 0,65 dan P-Value 0,01 lebih kecil dari 0,5 yang ditunjukkan dengan Nilai R^2 sebesar 0,42 yang berarti besarnya sumbangan pengaruh Strategi Pemasaran MIX terhadap pendapatan PKL sebesar 42%. Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan PKL dengan nilai β sebesar 0,68 dan P-Value sebesar 0,01 kecil sebesar 0,5 yang ditunjukkan dengan nilai R^2 sebesar 0,46 yang berarti besarnya kontribusi pengaruh Digital Marketing terhadap PKL ' pendapatannya 46%. Digital Marketing memoderasi pengaruh Strategi MIX Marketing terhadap pendapatan PKL dengan koefisien efek moderasi sebesar 0,16 dan P-Value sebesar 0,02 kurang dari 0,05. ditunjukkan dengan nilai R^2 sebesar 0,44 (44%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, Indah Nur, and Renny Oktafia, ‗Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Funding Dan Lending Di Bmt‘, Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4.1 (2021), 113–26

Buulolo, Martinus, and Dedi Susanto, ‗Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ud. Netral Di Bawo‘otalua Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan‘, Journal of Economics and Business (AJEB), 1.1 (2022), 1–10

Estefany, Nabila Veren, Masruchin, and Fitri Nur Latifah, ‗Penerapan Strategi Pemasaran Syariah UMKM Kampung Pia Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat‘, Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5.1 (2022), 181–95

Febriyantoro, Mohamad Trio, and Debby Arisandi, ‗Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean‘, Jurnal Manajemen Dewantara, 1.2 (2018), 62

Hadi, Demaz Fauzi, and Kiki Zakiah, ‗Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi‘, Competitive, 16.1 (2021), 33

Huda, Nurul, Pemasaran Syariah Teori Dan Aplikasi (Depok: Kencana, 2017) Huda, Nurul, and Aris Munandar, ‗Pengaruh Digital Marketing Dan Network

Jasri, Nadia Arfan, Hasanuddin, and Hurriah Ali Hasan, ‗Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil Dan Menengah‘, Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6.2 (2022), 212– 24

Kotler, Phlip, and Gerry Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2008)

Kusnadi, Indra, Netti Nurlenawati, and Dini Yani, ‗Penerapan Pemasaran Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM Saung Tutut Tegalsawah Di Kota Karawang‘, Journal of Business and Economics Research, 3.3 (2022), 306–10 https://doi.org/10.47065/jbe.v3i3.1929

Kusumaningrum, Dewi Ayu, ‗Strategi Usaha Mikro Kecil (UMKM) Kuliner Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Jakarta‘, Jurnal Disrupsi Bisnis, 4.6 (2021), 552

Lestari, Diana, Masruchin, and Fitri Nur Latifah, ‗Penerapan Strategi Pemasaran

Mahfudzoh, Siti, Selvia Nuriasari, and Sukmasari Dewi Chan, ‗Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Industri Kriya Souvenir Khas Lampung‘, Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 9.1 (2021), 170–84

Masyadi, and Mansur, ‗Pengaruh Modal Kerja Dan Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani Buah Naga Pada Desa Tottong Kabupaten Soppeng‘, Jurnal Mirai Management, 7.3 (2022), 639–49

Mujayana, Marya, and Rudi Santoso, ‗Media Komunikasi Pemasaran Digital Marketing Produk Umkm Selama Pandemi Covid-19‘, Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 7.1 (2022), 17–30

Paranoan, Natalia, Carolus Askikarno, Matius Sau, Universitas Kristen, and Indonesia Paulus, ‗Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Produk Kuliner Di Makassar‘, Accounting Profession Journal (APAJI), 4.1 (2022), 61–77

Putri, Adella, and Muhammad Arif, ‗Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan‘, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6.1 (2023), 194–208

Ramida, Mustari, Muhammad Dinar, Tuti Supatminingsih, and Nurdiana, ‗Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar‘, Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3.1 (2022), 311

Rozi, Fahrul, and Jum Harroni, ‗Implementasi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Pendapatan Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Dodol Nanas Madina Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak)‘, Al-Hasyimiyah, 2.2 (2021), 94–114

Vinanti, Siona, and P Kukuh Lukiyanto, ‗Perkembangan Digital Marketing Pada Home Industry Makanan Ringan Di Surabaya Raya Selama Pandemi Covid- 19‘, The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB), 2021, 352

Widyayanti, Evi Rosalina, and Insiatiningsih, ‗Pengaruh Strategi Pemasaran Online Dengan Aplikasi Gojek Fitur Gofood Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kuliner Di Yogyakarta‘, Jurnal Riset Manajemen, 8.1 (2021), 80–95

Downloads

Published

2024-03-12