PENGARUH DAKWAH DIGITAL TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DALAM DUNIA MAYA: MEDIA TIKTOK

Authors

  • Safira Rusyda
  • Dinda Maharani Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Jawa Timur
  • Fitria Novarina
  • Rorencia Fadlyla
  • Erwin Kusumatuti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12893

Keywords:

Dakwah, TikTok, Generasi Z

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini membahas tentang pengaruh dakwah digital dalam etika komunikasi netizen pada dunia maya dengan media TikTok. Teknologi yang semakin berkembang juga mendukung penyebaran dakwah digital yang semakin sering kita temukan pada dunia maya untuk saat ini salah satunya platform TikTok. Namun, tidak sedikit netizen memberikan komentar pada platform TikTok dengan tidak memperhatikan etika komunikasi sesuai kaidah agama islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dakwah digital terhadap etika komunikasi netizen pada dunia maya dengan media TikTok. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pengamatan deskriptif, dan observasi, dengan mengumpulkan data dari studi yang relevan, serta mendokumentasikan beberapa konten dari platform TikTok yang dianalisis secara kritis dan mendalam. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengaruh dakwah digital dengan etika komunikasi netizen pada dunia maya dengan media TikTok, juga mengenalkan etika komunikasi pada khalayak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dakwah digital memiliki pengaruh terhadap etika komunikasi pengguna di media sosial TikTok tidak hanya berkontribusi positif dalam membangun komunitas yang lebih baik, ramah, dan bertanggung jawab, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih mendukung bagi semua pengguna. Dakwah digital tidak hanya memberikan informasi atau pesan, tetapi juga mempengaruhi pola komunikasi netizen di media sosial TikTok.   Kata Kunci: Dakwah Digital, Etika Komunikasi, Netizen, Dunia Maya, TikTok  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Q., & Badruzaman, D. (2023). Tantangan dan peluang dakwah islam di era digital. Journal of Islamic Communication & Broadcasting, 3(2), 152-162.

Adussamad, Z. (2021). Metode penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media.

Burhanudin, A. M., Nurhidayah, Y., & Chaerunisa, U. (2019). Dakwah melalui media sosial (Studi Tentang Pemanfaatan Media Instagram @cherbonfeminist Sebagai Media Dakwah Mengenai Kesetaraan Gender). Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 236-246.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.

Dewi, M. S. R. (2019, Januari). Islam dan etika bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam ). Jurnal Research Fair Unisri, 3(1), 140.

Fernando, n. (2019). Metode dakwah rasulullah periode madinah. e-theses.iaincurup.ac.id. Gamayanto, I., Nilawati, F. E., & Suharnawi. (2017). Pengembangan dan Implementasi dari Wise Netizen (EComment) di Indonesia. Techno.COM, 16(1), 80-95.

Gumilang, N. A. (n.d.). Penelitian Deskriptif Adalah: Pengertian, Kriteria, dan Ciri-Cirinya. Gramedia. Retrieved February 28, 2024.

Habibi, M. (2018, 1). Optimalisasi dakwah melalui media sosial di era milenial. jurnal Dakwah, 12(1), 103.

Helmy, M., & Ayuni, R. D. (2019, Mei 1). Komunikasi dakwah digital: menyampaikan konten islami lewat media sosial line (studi deskriptif pada akun line 3safa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 1.

Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021, Februari). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol 2(1), 24-35.

Kushardiyanti, D., Mutaqin, Z., & Nurchotimah, A. S. I. (2021, juli). Tren konten dakwah digital oleh content creator milenial melalui media sosial tiktok di era pandemi covid-19. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1), 1.

Mardiana, R. (2020). Daya tarik dakwah digital sebagai media dakwah untuk generasi milenial. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 148-158.

Masri, R. (2022, September 07). Etika komunikasi Antar Budaya. uin-alauddin.ac.id.

Muslimah. (2016). Etika komunikasi dalam persfektif islam. Jurnal Sosial Budaya, 13(2).

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Nurrohman, A. S. (2021). Strategi dakwah digital habib husein ja’far al-hadar dalam konten youtube jeda nulis. etheses.iainponorogo.ac.id.

Putra, D. A., Mutmainna, Zalzillah, L. N., & Saputra, N. K. (2023, September). Pengaruh konten tiktok terhadap perubahan etika remaja. Jurnal Gagasan Komunikasi, Politik, dan Budaya, Vol 1(1), 1-6.

Rachmania, N. D., & Cahyono, H. B. (n.d.). Penggunaan aplikasi tik-tok dalam menunjang eksistensi diri pada remaja ( Studi Fenomenologi Pada Remaja Griya Besuki Mulya Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo).

Sarli, Nurhadi, & Sari, E. S. (2023). Analisis penggunaan gaya bahasa sarkasme netizen di media sosial tiktok. knowledge : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 3(1), 84-92.

Usman, R. (2018). Dakwah digital (Studi Strategi Membentuk Dai Digital di Aceh).

Downloads

Published

2024-03-12