PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS XI IPA di SMAN 7 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12889Keywords:
Computational thinking, pembelajaran diferensiasi, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning (PBL) berbasis pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas XI IPA di SMAN 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan desain non-equivalent control group. Teknik purposive sampling digunakan dalam memilih sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Data statistik dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan computational thinking siswa melalui pembelajaran berbasis diferensiasi yang efektif.Downloads
References
Abdullah. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Jurnal Edureligia, 1(1), 45-62.
Fauziah, U., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Jurnal Basic Edu, 6(2), 2836-2845.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 31-39.
Junaedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J.W. (2020). Optimalisasi keterampilan abad 21 dalam proses pembelajaran pada guru MTs Massaratul Mut’allimin, Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72.
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan computational thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada materi usaha dan energi. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(2), 116–121.
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan computational thinking berbantuan media geogebra. Journal on Education, 6(1), 7786-7796.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1-58. http://repository.unp.ac.id/23547.
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan model Problem Based Learning berbasis diferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik pada pelajaran biologi. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543.
Ni’am, M.K., Lia, L., Salsabila, N.K., Fitriyani, N., & Sari, N.H.M. (2022). Pembelajaran matematika berbasis computational thinking di era kurikulum merdeka. Seminar Nasional Tadris Matematika, 2(1), 66-75.
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283-293.
Pane, R.N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S.D. (2022). Implementasi pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(103), 173-180.
Pratiwi, G.L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan Computational Thinking matematis siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 375-385.
Rahmadani, F., Setiadi, D., Yamin, M., & Kusmiyati. (2022). Analisis kemampuan literasi sains biologi peserta didik SMA kelas X di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 272-2731.
Rahmadani, R. (2019). Metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida journal, 7(1), 75-86.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Rusmini, R. (2022, Desember). Pembelajaran berdiferensiasi metode metakognisi berbasis Computational Thinking di era merdeka belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 229-236).
Setiani, A., Lukman, H.S., & Suningsih. (2020). Meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan strategi Problem Based Learning berbantuan mind mapping. Jurnal Prisma, 9(2), 128-135.
Supiarmo, M.G., & Susanti, E. (2021). Proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Numeracy, 8(1), 58-72.
Timlasari, B. Y., Komarayanti, S., & Purwaningsih. S. (2023). Impelementasi pembelajaran diferensiasi melalui Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas X.3 SMAN Rambipuji. Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 148-54.
Zakiah, N.E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Jurnal Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120. https://doi.org/10.25157/teorema.v412.2706.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.