ANALISIS MENGENAI METODE DAKWAH ISLAMI MELALUI PLATFORM TIKTOK PADA GEN Z
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12836Keywords:
Dakwah, TikTok, Generasi ZAbstract
Penyebaran dakwa menggunakan sosial media tiktok memudakan parah pendakwa untuk menyampaikan syariat-syariat islam menjangkau Generasi Z. Tujuan karya tulis ilmiah ini adalah (1) Mendalami efektivitas metode dakwah Islam melalui platform TikTok pada generasi Z. Analisis ini akan difokuskan pada respon, partisipasi, dampak terhadap pemahamanWalahh, serta penerimaan nilai-nilai Islam di kalangan gen Z. (2) Mengetahui pemahaman yang mendalam mengenai potensi platform digital dalam menyebarkan dakwah Islam. (3) Memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keberhasilan metode dakwah ini di era digital yang dipenuhi oleh pengguna TikTok dari kalangan generasi Z. Penelitihan ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan google formulir sebagai sarana dan melakukan wawancara tertulis. Subjek untuk penelitihan ini merupakan generasi Z yang berkisaran umur 17 tahun hingga 25 tahun. Hasil dari penelitihan ini (1) akun tiktok yang memiliki konten dakwa seperti @okisetianadewi_official, @sabilu taubah, @hiyung agam, @husien jafar, dan @kadamsidik. (2) konten dakwa yang digunakan diplatfrom tiktok (3) Dampak konten dakwa dimedia sosial dalamĀ kehidupan sehari. Terdapat 2 dampak yaitu (a) Dampak positif yaitu menumbuhkan rasa keimanan terhadap Allah SWT, sebagai pengingat dalam melakukan kegiatan, menjadikan kajian sebagai tren terkini, memperluas wawasan, memiliki akhlaq dalam bersosial media; (b) Dampak negative yaitu terjadi salah pemahaman, hanya mau mendengar bagian yang mendukung kita, terdapat konten belum tentu sesuai dengan ajaran, menimbulkan perpecahan, makna yang disampaikan kurangĀ efektif. Sebaiknya sebagai pendakwah atau oknum yang ini membagian tentang ajaran agama islam sebaiknya disampaikan secara lengkap dan jelas bagaimana yang di maksud oleh ayat tersebut dan sebagai pendengar kita harus selektif untuk memastikan sumber yang kita gunakan terpercaya. Serta kita dapat menjaga sikap bila kita bersosial media.Downloads
References
Izwah Saudi. 2010. Penerimaan Remaja Terhadap Unsur-Unsur Dakwah Dalam Drama Di TV1. Tesis Sarjana, Jabatan Dakwah dan Kepimpinan, Universiti Kebangsaan Malaysia.
Najidah Zakariya & Abu Dardaa Mohamad. 2013. Media Sebagai Wasilah Dakwah. Vol 5: Al-Hikmah, Jilid 5 (2013). (3-4).
Maheswari Dian P., Nadiyah Myrilla, & Briyan J. S., Damara A. H., Erisa D., Favian F., Ivama A., Endang S.. 2023. Penggunaan Bahasa Tabu Oleh Generasi Z Kota Surabaya Di Media Sosial Tiktok. (4-5)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.