PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI PADA PELAJARAN BANGUN DATAR SISWA KELAS V

Authors

  • Ariyani Pranata Universitas Muhahammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula SDN 01 Parakansalak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12721

Keywords:

Model Pembelajaran PJBL, Berpikir Komputasi, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir komputasional pada pembelajaran bangun datar siswa kelas V semester genap SDN 01 Parakansalak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas seabgai kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menggunkan model pembeljaran konvensional dengan teknik Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata pretest dan postest antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir komputasi menunjukkan nilai sig (2-tailed)<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk mengetahui kemampuan berpikir komputasi matematika siwa penulis melakukan tes dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haerullah. Ade dan Hasan. Said (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Jl. Ki Pemanahan – Kampung Jagangrejo, Lintas Nalar, CV

Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev 20). Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research Planning, conducting and evaluating quantitative research.

M. Wing Jeannette. (2006). Wing 2006.

Musfiqon Muhammad. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.

S Azwar. (2013). Metode Penelitian/Saifuddin Azwar, Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2024-03-08