EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Salsa Putri Ruriza Harahap Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Firma Andrian Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Siti Annisah Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12596

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, media interaktif, pembelajaran IPA

Abstract

Pendidikan pada abad-21 menuntut siswa memiliki beberapa keterampilan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan siswa untuk menghadapi era globalisasi yang semakin pesat. Kemajuan teknologi yang ada juga harus digunakan sebaik mungkin oleh guru untuk menunjang pembelajaran dikelas seperti media interaktif. Penggunaan media interaktif ini diklaim mampu membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menginfentarisir media interaktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian literature review dengan jurnal/artikel terdahulu sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan serta mereview artikel yang memiliki keterkaitan dengan variabel penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sejumlah media interaktif yang digunakan pada 10 artikel/penelitian relevan yang diambil, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa apabila menggunakan media interaktif pada saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, media interaktif, pembelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, Tika. 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14 (1): 10–21.

Arif, Dimas Sofri Fikri, Zaenuri, dan Adi Nur Cahyono. 2019. “Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada Model Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan Google Classroom.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, no. 2018: 323–28.

Ariyani Raharjo, Ayu Sholiha, Rufi’i Rufi’i, dan Hartono Hartono. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 7 (2): 441–52.

Dewi Rahmawati Noer Jannah dan Idam Ragil Widianto Atmojo. 2022. “Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” JURNALBASICEDU 6 (1): 1064–74. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103.

Dwi Rahma Widyanti, Rista, dan Suryanti. 2018. “PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI FLASH DENGAN STRATEGI MURDER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PELAJARAN IPA KELAS V Rista Dwi Rahma Widyanti Suryanti Abstrak.” Pendidikan Guru Sekolah Dasar 06: 1470–81.

Fitria, Elsa Wahyuni Yanti. 2023. “Media Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08 (1). https://doi.org/10.1134/s0514749219040037.

Hakim, Arif Rahman, dan Husen Windayana. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 4 (2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827.

Legina, Nadia, dan Prima Mutia Sari. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogy 9 (3): 375.

N.M Putri Sastradewi, A.A Gede Agung. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Muatan Pelajaran IPA.” Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan 2 (1): 10–19.

Pramuji, Lili, Anna Permanasari, dan Didit Ardianto. 2020. “Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Journal of Science Education and Practice 2 (1): 1–15.

Putri, Dhanisa Aptillia, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, dan Fida Rahmantika Hadi. 2023. “Manfaat Media Komik Digital Sebagai Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5. 4: 898–901. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.

Sae, Herlin, dan Elvira Hoesein Radia. 2023. “Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Indonesian Journal of Education and Social Sciences 2 (2): 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474.

Septikasari, Resti. 2018. “Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad VIII (2): 107–17.

Sri Adhi Endaryati, Idam Ragil Widianto Atmojo, St. Y. Slamet, Kartika Chrysti Suryandari. 2021. “Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5 (2). https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v18i1.17808.

Susanto, Tri Adi. 2021. “Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 3498–3512. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1399.

Susilowati, Rini. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas 4 Sd.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 2 (1): 57–69. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870.

Downloads

Published

2024-03-19