PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 07 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12563Keywords:
Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 07 MATARAM Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Instrument yang digunakan berupa soal tes untuk melihat gambaran hasil belajar dan lembar observasi untuk mengelola aktivitas siswa. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji paired T-tes dengan berbantuan SPSS 21.0. Rata-rata nilai pretest dan posttest menunjukkan perbedaan, dimana nilai rata-rata pre test 55,09, Sedangkan nilai rata-rata post test 80,83.Sedangkan hasil dari uji paired T-test memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 yang menunjukkan lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh metode problem based learning berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di SMPN 7 Mataram. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, HOTSDownloads
References
Astuti, Nur. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematis Siswa Kelas VIII MTS Hidayatul Mubtadiin Jati Agung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Royhanah. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Pada Materi Koloid. Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andi Setiawan, Ismail, & Yuliatin. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) berpaduan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Cahyani, Adhetya, dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 124.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang system pendidikan nasional.
Desi Jayanti, Ismail, & Rispawati. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CORE (Connect, Organize, Reflect, Extend) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 6 Mataram. Jurnal pendidikan dan pengajaran. doi: https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam
Fauzan, A., Hariyanto, Rispawati, & Tripayana, N. A. (2021). Pendidikan Dan Latihan Menghitung Validitas, Reliabilitas, Tingkat. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 35–41
Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 12–21. https://doi.org/10.24036/8851412512020503
Ffendy, Muhadjir. (2017) Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter, Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,Jakarta.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Herianto, E. (2021). How to Apply HOTS-based E-learning in Higher Education ? Randwick International of Education and Linguistics Science (RIELS) Journal, 2(2), 158–170. https://doi.org/10.47175/rielsj.v2i2.256
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran PPKn Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta
Maha Surdinata, Sukardi, & Rispawati. 2017. Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. doi: https://www.juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam/article/download/54/2
Mudasir. 2020. Teknik-teknik Pembelajaran kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning
Itu Perlu (Edisi Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.
Saputra, Nurdiaman dan Salikun. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Buku Guru Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah, Nurdin Mohamad, (2011). Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan isi, strategi, dan penilaian, Jakarta: Bumi Aksara
Yuliana, Ismail, & Rispawati. 2018. Pengaruh Model Double Loop Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal pendidikan dan pengajaran. Dari :https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam
Skripsi. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.