PENGARUH VIRAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA INSTAGRAM KOTA MALANG

Authors

  • Fahmi Alif Ardiansyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12302

Keywords:

Viral Marketing, Inovasi produk, Minat pembelian, Citra merk

Abstract

Tingginya persaingan Coffee Shop di indonesia membuat persaingan bisnis di bidang tersebut semakin ketat. Minat pembelian merupakan faktor yang menunjang dalam persaingan bisnis. Dalam meningkatkan minat beli Kopi Kenangan menggunakan strategi viral marketing, membuat inovasi baru yaitu minuman ready to drink, dan membangun brand image yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh viral marketing dan inovasi produk terhadap minat pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi pada pengguna Instagram Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 125 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan metode survey dengan menggunakan kuesioner secara online kepada pengguna media sosial Instagram Kota Malang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan software smart PLS 4.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa viral marketing berpengaruh terhadap minat pembelian, inovasi produk berpengaruh terhadap minat pembelian, viral marketing berpengaruh terhadap brand image, inovasi produk berpengaruh terhadap brand image, brand image berpengaruh terhadap minat pembelian, viral marketing berpengaruh terhadap minat pembelian melalui brand image sebagai variabelm ediasi, dan inovasi produk berpengaruh terhadap minat pembelian melalui brandi mage sebagai variabel mediasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Hasan. 2010. Marketing Dari Mulut

Ke Mulut Word of Mouth Marketing.

Darmawan, D. (2014). Metode

penelitian kuantitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offset.

Freddy. 2019. Strategi Promosi yang

kreatif dan Analisis kasus –

Integrated. Marketing

Communication. Jakarta : PT

Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I., dan Latan, H. (2015).

Partial Least Squares Konsep,

Teknik Dan Aplikasi Menggunakan

Program Smartpls 3.0 Untuk

Penelitian Empiris. Semarang: Bpfe

Universitas Diponegoro.

Artikel in Press :

N Huang, dan Chen . (2018). A novel

protein encoded by the circular

form of the SHPRH gene

suppresses glioma

tumorigenesis. Oncogene,

(13), 1805-1814.

Nieslnq 2021,. "Reuters Institute

digital news report 2021." Reuters

Institute for the study of

Journalism (2021).

Jurnal :

Adi Prayogo, Achmad Fauzi, Dwi

Sapto Bagaskoro (2023)

Pengaruh Brand image, Viral

marketing dan Brand

Awareness Terhadap Minat

Beli Konsumen

Aditi, B., dan Hermansyur. 2017.

“Pengaruh Inovasi dan

Kreativitas Terhadap.

Kepuasan Konsumen Pada

UMKM di Kota Medan.” Jurnal

Manajemen.

Adtya dan hastuti (2020)Pengaruh

Inovasi Produk, Kemasan, Dan

Variasi Produk Terhadap Minat Beli

Ice Cream Aice Di Kota Padang.

Jurnal Ecogen, 2(3), 270-279.

Ashari, R. M. H., dan Sitorus, O. F.

(2023). Pengaruh Content

Marketing terhadap Customer

Engagement Kopi

Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1),

-46.

Femmy Effendy, Ratih Hurriyati, Lili

Adi Wibowo(2020), Analisis

Pengaruh Celebrity Endorser dan

Inovasi Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Handphone

Oppo dengan Intervening Brand

image.

Kaplan, A. M., dan Haenlein, M. 2011.

User Of The World, Unite! The

Challenges and Opportunities

Of Social Media. Elsevier,

(1), 59–69.

Katsikeas, C. S., dan Samiee, S.

(2016) Pasar, Inovasi Produk, Dan

Jejaring Pemasaran Terhadap Niat

Pembelian.

Mulyaputri, Venna Melinda, And

Sanaji Sanaji. "Pengaruh Viral

marketing Dan Brand Awareness

Terhadap Niat Beli Merek Kopi

Kenangan Di Kota

Surabaya." Jurnal Ilmu

Manajemen 9.1 (2021): 91.

Downloads

Published

2024-01-24