PENGARUH VIRAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA INSTAGRAM KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12302Keywords:
Viral Marketing, Inovasi produk, Minat pembelian, Citra merkAbstract
Tingginya persaingan Coffee Shop di indonesia membuat persaingan bisnis di bidang tersebut semakin ketat. Minat pembelian merupakan faktor yang menunjang dalam persaingan bisnis. Dalam meningkatkan minat beli Kopi Kenangan menggunakan strategi viral marketing, membuat inovasi baru yaitu minuman ready to drink, dan membangun brand image yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh viral marketing dan inovasi produk terhadap minat pembelian dengan brand image sebagai variabel mediasi pada pengguna Instagram Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 125 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan metode survey dengan menggunakan kuesioner secara online kepada pengguna media sosial Instagram Kota Malang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan software smart PLS 4.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa viral marketing berpengaruh terhadap minat pembelian, inovasi produk berpengaruh terhadap minat pembelian, viral marketing berpengaruh terhadap brand image, inovasi produk berpengaruh terhadap brand image, brand image berpengaruh terhadap minat pembelian, viral marketing berpengaruh terhadap minat pembelian melalui brand image sebagai variabelm ediasi, dan inovasi produk berpengaruh terhadap minat pembelian melalui brandi mage sebagai variabel mediasiDownloads
References
Ali Hasan. 2010. Marketing Dari Mulut
Ke Mulut Word of Mouth Marketing.
Darmawan, D. (2014). Metode
penelitian kuantitatif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya Offset.
Freddy. 2019. Strategi Promosi yang
kreatif dan Analisis kasus –
Integrated. Marketing
Communication. Jakarta : PT
Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I., dan Latan, H. (2015).
Partial Least Squares Konsep,
Teknik Dan Aplikasi Menggunakan
Program Smartpls 3.0 Untuk
Penelitian Empiris. Semarang: Bpfe
Universitas Diponegoro.
Artikel in Press :
N Huang, dan Chen . (2018). A novel
protein encoded by the circular
form of the SHPRH gene
suppresses glioma
tumorigenesis. Oncogene,
(13), 1805-1814.
Nieslnq 2021,. "Reuters Institute
digital news report 2021." Reuters
Institute for the study of
Journalism (2021).
Jurnal :
Adi Prayogo, Achmad Fauzi, Dwi
Sapto Bagaskoro (2023)
Pengaruh Brand image, Viral
marketing dan Brand
Awareness Terhadap Minat
Beli Konsumen
Aditi, B., dan Hermansyur. 2017.
“Pengaruh Inovasi dan
Kreativitas Terhadap.
Kepuasan Konsumen Pada
UMKM di Kota Medan.” Jurnal
Manajemen.
Adtya dan hastuti (2020)Pengaruh
Inovasi Produk, Kemasan, Dan
Variasi Produk Terhadap Minat Beli
Ice Cream Aice Di Kota Padang.
Jurnal Ecogen, 2(3), 270-279.
Ashari, R. M. H., dan Sitorus, O. F.
(2023). Pengaruh Content
Marketing terhadap Customer
Engagement Kopi
Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1),
-46.
Femmy Effendy, Ratih Hurriyati, Lili
Adi Wibowo(2020), Analisis
Pengaruh Celebrity Endorser dan
Inovasi Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Handphone
Oppo dengan Intervening Brand
image.
Kaplan, A. M., dan Haenlein, M. 2011.
User Of The World, Unite! The
Challenges and Opportunities
Of Social Media. Elsevier,
(1), 59–69.
Katsikeas, C. S., dan Samiee, S.
(2016) Pasar, Inovasi Produk, Dan
Jejaring Pemasaran Terhadap Niat
Pembelian.
Mulyaputri, Venna Melinda, And
Sanaji Sanaji. "Pengaruh Viral
marketing Dan Brand Awareness
Terhadap Niat Beli Merek Kopi
Kenangan Di Kota
Surabaya." Jurnal Ilmu
Manajemen 9.1 (2021): 91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.