PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 6 DI KECAMATAN PAKIS

Authors

  • Aryfiani Dwi Lestari Universitas Terbuka
  • Dwi Winarsih Universitas Tidar
  • Aminudin Zuhairi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12258

Keywords:

motivasi orang tua, kedisiplinan anak, prestasi belajar matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi orangtua dan kedisipinan anak terhadap prestasi belajar matematika siswa SD kelas 6. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu metode survei. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah Terdapat hubungan antara motivasi orang tua dan prestasi belajar matematika siswa SD di Kecamatan Pakis. Persentase pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa dilihat dari besarnya sumbangan efektif. Nilai sumbangan efektif adalah 75,72 yang mengandung arti bahwa pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 75,72%.Terdapat hubungan antara kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika siswa SD di Kecamatan Pakis. Persentase besarnya pengaruh kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika siswa dilihat dari besarnya sumbangan efektif diperoleh nilai perhitungan 21,22 yang mengandung arti bahwa pengaruh kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 21,22%.Terdapat hubungan antara motivasi orang tua dan kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika SD di Kecamatan Pakis. Faktor motivasi orang tua dan kedisiplinan secara bersama-sama berhubungan  positif yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Pakis. Adapun besar pengaruh kedua variabel bebas melalui R Square. R Square sebesar 0,936 atau sama dengan 93,6% yang mengandung pengertian bahwa pengaruh motivasi orang tua (X1) dan kedisiplinan anak (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika (Y) sebesar 93,6%. Sementara sisanya (100% – 93,6% = 6,4%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda Pasca Rini, I’in Khalimatus Sa’diyah, A. M. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/641

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Padegodik, 1(2), 119–130. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/361/321

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Fitri, S. K., & Siagian, P. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aturan Sinus Dan Cosinus Di Kelas X IPA Di SMA Negeri 1 Babalan Kabupaten Langkat. Karismatika, 4(2), 20–24.

Handayani, S., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373–1382. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/553

Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133–1143. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Najikhah, A., Ismaya, E. A., Fakhriyah, F., & Artikel, S. (2022). Hubungan Kedisiplinan Siswa dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sumanding. 5(2).

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1935–1941. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/699

Perhatian Orangtua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Thomas Aquinas Radito, P., Lourensius Tarigan, N. L., & Charina Br Tarigan, P. (2022). The Role Of Parent Attention And The Environment Of People On Students’ Learning Achievement In Pandemic. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 103–111. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

Purnomo, A., Ratnawati, N., Aristin, N. F., Morphology, T. C., Hutauruk, A., Sidabutar, R., Parihah, N. I., Hartini, S., Siregar, J., Asnaini, Hafidhoh, N., & Rifa’i, M. R. (2020). Karakteristik penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013 di MI. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 10–16. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Sholihah, N., Hartatik, S., Akhwani, &

Downloads

Published

2024-02-29