IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Authors

  • Endah Krisnajati Magister Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Moh. Rusnoto Susanto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12208

Keywords:

peduli, kreatif, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran  seni budaya dan prakarya dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan kemampuan berpikir kreatif dalam diri siswa di SD Negeri Sinduadi Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, rubrik pengamatan kemampuan berpikir kreatif, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggabungkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber data dari hasil observasi, rubrik pengamatan kemampuan berpikir kreatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran seni budaya dan prakarya dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan kemampuan berpikir kreatif dalam diri siswa dapat dilaksanakan dengan melalui kegiatan pembelajaran TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan) dan dengan melalui tahapan 1) merencanakan kegiatan pembelajaran, 2) pemilihan media dan contoh karya, 3) kegiatan pembelajaran, 4) evaluasi, dan 5) refleksi. Implementasi pembelajaran seni budaya dan prakarya dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan kemampuan berpikir kreatif dalam diri siswa yang berwujud menjadi hasil karya seni dan keterampilan yang bernilai guna dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernadi, R. M. A. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Melalui Pembelajaran Tematik integratif dengan Pendekatan Open-ended. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 91–101. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7783

Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.179

DePorter. (2012). Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas (A.Nilandari, Trans). Bandung: PT.Mizan Pustaka.

Eltrizar. (2017). Penerapan Model Quantum Teaching. Quantum Teaching, 6(2), 461–471. primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Jamaluddin. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2012, 1042–1045.

Maielfi, D. (2021). Validitas Instrument Penerapan Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 404–411. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.316

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Pratama, F. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa. In Jurnal Ilmiah Edukasi (Vol. 6, Issue 1, pp. 183–192). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1681

Ramadhani, M. I., & Ayriza, Y. (2019). The effectiveness of Quantum Teaching learning model on improving the critical thinking skills and the social science concept understanding of the elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.11291

Wati, R., & Iskandar, W. (2020). Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV MI/SD. Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p35-38

Widaningsih, E. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Menumbuhkan Kecerdasan Moral Secara Kompetitif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2826

Downloads

Published

2024-02-29

Most read articles by the same author(s)