PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN BERBANTUAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Babyola Daraku Nanthi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anwar Mutaqin Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11902

Keywords:

E-modul, Pendekatan STEM, Literasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan literasi matematis siswa SMP yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji ahli, respon siswa dan pendidik, dan literasi matematis. Uji kelayakan e-modul dilakukan oleh 5 orang ahli diantaranya 2 orang ahli media yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 90% dan 95%, didapatkan kriteria sangat valid. Serta 2 orang ahli materi yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 91% dan 80%, didapatkan kriteria sangat valid. Serta 1 respon guru dengan persentase sebesar 80% dikategorikan Baik. Selanjutnya dilakukan tahap revisi e-modul untuk disempurnakan dan di uji coba kepada 30 siswa kelas VII di SMP Islam Yappida Kota Tangerang. Persentase yang didapatkan dari hasil kuesioner respon siswa sebesar 85,2% (praktis). Hasil perhitungan dari literasi matematis menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,56 dalam kategori N-Gain peningkatan sedang. Kesimpulan yang diperoleh bahwa e-modul dengan berbatuan pendekatan STEM dikatakan layak dan baik karena memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(2), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Kurniawati, F. N. A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul. http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf

Safitri, A., & Khotimah, R. P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18745

Sari, M. Pd., Helsy Imelda, M. Pd., Aisyah Riri, M. Pd., & Irwansyah Ferli S, M. Si. (2019). Modul Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Satriawati, H. (2015). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMKN 3 YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/19128/1/HELNA%2010518241039%20Thesis%20(S1).pdf

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X MIPA 3 SMAN 2 JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 9(2), 64. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Siswandari, H., Setyani, Y. L., Nurdianti, D., Asikin, M., & Ardiansyah, A. S. (2022). Telaah Model Problem Based LearningBernuansa STEMterhadap Kemampuan Literasi Matematika Menuju PISA 2022. Prosiding Seminar Nasional TadrisMatematika (SANTIKA), 1, 586–611. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/314

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. CV Alfabeta.

Ulfa, E. M., Subiki, S., & Nuraini, L. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 10(4), 136. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i4.27456

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118.

Downloads

Published

2024-01-06