IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN INOVASI DAN KEAKTIFAN SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11654Keywords:
Kemampuan inovasi, Keaktifan, kurikulum merdeka, Madrasah Ibtidaiyah, project based learningAbstract
Pemilihan dan penggunaan metode klasikal atau ceramah dianggap oleh para guru sebagai metode paling sering digunakan untuk mengelola kelas dan bisa mengejar target materi yang harus diselesaikan sehingga kurangnya keaktifan dan kemampuan inovasi siswa masih rendah. Akan tetapi dengan penerapan kurikulum merdeka guru diminta menggunakan model project based learning didalam pembelajaran, dilatarbelakangi oleh masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengungkap “Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Inovasi dan Keaktifan Siswa Kurikulum Merdeka” Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Saman Bantul. Dengan metode studi kasus, jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta dari sumber-sumber yang relevan dengan penelitian ini. Kemudian data direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model project based learning siswa lebih aktif dan inovatif dalam pembelajaran, ada beberapa proyek yang telah dibuat dengan memanfaatkan sampah yang didaur ulang lalu dijadikan kerajinan perhiasan.Downloads
References
Abdurahman, Adi, Siti Ghaida Sri Afira Ruhyadi, and Misbah Binasdevi. 2022. “Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD.” Al-Ibanah 7(2): 1–9.
Almulla, Mohammed Abdullatif. 2020. “The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning.” SAGE Open 10(3).
Dewi, Mia Roosmalisa. 2022. “Kelebihan Dan Kekurangan Project-Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.” Inovasi Kurikulum: 250–61.
Fahrezi, Iszur, Mohammad Taufiq, Akhwani Akhwani, and Nafia’ah Nafia’ah. 2020. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(3): 408.
Friani, Indah Fajar, Sulaiman, and Mislinawati. 2017. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah 2(1): 88–97. https://media.neliti.com/media/publications/188143-ID-kendala-guru-dalammenerapkan-model-pembe.pdf.
Herak, Rikardus et al. 2019. “MENINGKATKAN INOVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN.” 4: 8–14.
Inayati, Ummi. 2022. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di SD/MI.” ICIE: International Conference on Islamic Education 2: 293–304.
Iwan Gunawan, Nano Sukmana. 2018. “Isu-Isu Dan Tren Aktivitas Siswa Dalam Belajar Matematika.” Primaria Educationem Journal 1(1): 36–43. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/article/view/1070.
Julaeha, Siti, Eri Hadiana, and Qiqi Yulianti Zaqiah. 2021. “Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik Dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 02(1): 1–26.
Khairani Astri, Eva, Jodion Siburian, and Bambang Hariyadi. 2022. “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berkomunikasi Peserta Didik.” Biodik 8(1): 51–59.
Lestari, A. S. 2018. “Penerapan Model Simulasi Pada Pembelajaran Pkn Materi Sumpah Pemuda Siswa Kelas 3 Sdit Tahfidzil Qur ’ An Kota Medan.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 2: 614–16.
Mahrita, Mahrita, and Rosadiro Cahyono. 2022. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Kreativitas Guru Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Sdn Binuang 4 Kabupaten Tapin.” Media Mahardhika 20(3): 501–11.
Mufidah. 2020. “Analisis Permasalahan Dan Kesiapan Guru Dalam Project Based Learningdi Sekolah Luar Biasa.” Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(2): 149–60.
Muh. Syakir2, & Juliadi. 2019. “No Title.” Formulasi Pembelajaran PAI dan Implikasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 10 Enrekang 17(2): 158–80.
Muis, Azizah, and Laksmi Dewi. 2022. “Day Care Management Course Design Based on OBE and PjBL for Teacher Education of Early Childhood Education Program.” Inovasi Kurikulum 18(2): 128–40.
MUJIBURRAHMAN, MUJIBURRAHMAN, MUHAMAD SUHARDI, and SITI NUR HADIJAH. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka.” COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 91–99.
Nisa, Cintya Khoirun, and Kendid Mahmudi. 2023. : “: Jurnal Pendidikan Dasar Volume VI, Nomor 1, Mei 2023.” VI.
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Prijanto, Jossapat Hendra, and Firelia de Kock. 2021. “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 11(3): 238–51. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318/1894.
Puspitasari, Vindiyati, and Akhtim Wahyuni. 2023. “Analisis Penerapan Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Ipas Siswa Kelas 4 Dengan Kurikulum Merdeka.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 27(2): 58–66.
Sahnan, Ahmad, and Tri Wibowo. 2023. “Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” SITTAH: Journal of Primary Education 4(1): 29–43.
Santoso, P. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi.” Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UNS 3(1): 1–7.
Sudjana, N. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Utami, Riani Puji. 2022. “Penerapan Model Projet Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop 2(1): 9–15.
Wahyuni, Dian, and Kiromim Baroroh. 2012. “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMIKA MIKRO Daru Wahyuni Kiromim Baroroh.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 9(April): 102–22. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/4155/3598.
Yin, R. K. 2019. Studi Kasus Desain Dan Metode. Raja Grafi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.