KOMIK SUHU DAN KALOR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN

Authors

  • Iyus Herdiana Saputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah
  • Okti Anggraeni PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ika Nurul Afifatus Saidah PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11487

Keywords:

Komik, IPA, Kearifan Lokal, Al Islam Kemuhammadiyahan

Abstract

This research is motivated by problems using learning media, students' lack of knowledge about local wisdom, and a decrease in behavior. The purpose of this research is to develop local wisdom-based comics integrated with Al Islam Kemuhamadiyahan. This study used the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. This research produces science comic based on local wisdom integrated with Al Islam Kemuhammadiyahan through the ADDIE stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifa, N., & Elihami, E. (2020). Membangun Karakter Yang Islami Melalui Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal. 1(2). Hal 15-23.

Almu’tasim, A. (2019). Berkaca NU dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Indonesia. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman. 8(2). Hal. 199-212.

Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 2(3). Hal. 341-350.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177-186.

Arif, M., & Makalalag, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Solok: Balai Insan Cendekia Mandiri.

Batubara, Hamdan Husein. 2021. Media Pembelajaran MI/SD.Semarang: CV Craha Edu.

Cahyadi, A. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Daulay, M. I. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra. 7(1). Hal. 24-34.

Ismawati, I., Pangestika, R. R., & Khaq, M. (2023). Komik Bermuatan Kearifan Lokal da Karakter Kelas IV Subtema Keunikan Daeerah Tempat Tinggalku. EDUKASIANA: Jurnal Inovasi Pendidikan. 2(2). Hal. 64-70.

Kadaruddin. 2016. Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Kining, E., & Aminullah, A. (2021). Pengaplikasin Media Pembelajaran Komik Bergambar dalam Mengoptimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). Hal. 35-42.

Luqman, A. A. S. F., & Sidawi, A. U. Y. 2021. Bekal Safar, Hukum, dan Adab. Gresik: Media Dakwah Al Furqon.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pembrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2). Hal. 312-325.

Mantra, G. K., Lasmawan, I. W., dan Suarni, N. K. (2023). Pegembangan Buku Ceria Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah Untuk Mengembangan Karakter Gotong Royong pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 7(1). Hal. 156-168.

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4). Hal. 5605-5613.

Meilina, F., Surahman, F., & Sari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Miniatur Rumah Adat Pada Tema 7 untuk Siswa Kelas IV SDN 002 Tebing Kabupaten Karimun. Jurnal Minda. 2(1). Hal. 44-51.

Muslim, A. H., dkk. 2020. Media Pembelajaran PKN di SD. Banyumas: CV Pena Persada.

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio. 11(1). 91-106.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Purhasanah, S., Abdullah, D. S., Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Kewajiban Menutup Aurat dalam Perspektif Al-Quran. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 2(1), 53-61.

Rahmawati, I. Y. (2020). Kelayakan Materi Komik Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo sebagai Bahan Bacaan Kategori Membaca Permulaan pada Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD. 5(1). Hal. 1-10.

Ramli, A., Dhahri, I., Solehuddin, M., Rahmah, S., Haris, M., & Lubis, F. M. (2023). The Urgency of Islamic Character Education in Addressing Bullying behavior in Boarding Schools. At-Ta’dib, 18 (1). 1-9.

Raneza, F., Widowati, H., & Santoso, H. (2022). Pengembangan Komik Digital dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi. Bioedusa: Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1). Hal. 60-70.

Rizaq, M. C., Sunarmi, S., & Bekti, M. A. (2022). Analisis Pesan Dakwah pada Komik Dakwah" Real Masjid" Karya Tony Trax. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 4(2), 114-125.

Rusmayana, T. 2021. Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi COVID-19. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Saputra, R. (2020). Kajian Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan (AIK) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Ke-Islaman. Menara Ilmu. 14(1).

Wicaksono, V. D., dan Sari, A.W. (2022). Pengembangan Media Komik Literasi Islam Berbasis Digital pada Mata Pelajaran PPKn Materi Nilai-nilai Pancasila Kelas V SD Plus Darul Ulum Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal. 1007-1017.

Downloads

Published

2024-01-01