DAMPAK SISTEM ZONASI PADA PENERIMAAN SISWA BARU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 6
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11476Keywords:
zoning system, learning interest, grade sixAbstract
Di tengah dinamika pendidikan Indonesia, sistem zonasi telah muncul sebagai salah satu inovasi kebijakan yang paling banyak diperbincangkan, terutama dalam konteks penerimaan murid baru di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong pemerataan pendidikan dan mengurangi ketimpangan sosial. Sistem zonasi memprioritaskan siswa yang tinggal di dekat sekolah, dengan tujuan untuk menciptakan pemerataan pendidikan yang lebih adil dan mengurangi beban biaya transportasi bagi siswa. Dalam konteks sistem zonasi dalam proses penerimaan siswa baru di Sekolah Menengah Pertama (SMP), terdapat dampak yang signifikan yang dapat dirasakan oleh siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD). Dampak pertama adalah perubahan aspirasi sekolah tujuan. Sebelum diterapkannya sistem zonasi, banyak siswa kelas 6 memiliki sekolah impian yang telah mereka idamkan sejak lama. Namun, dengan adanya sistem zonasi, pilihan sekolah tersebut mungkin tidak lagi terjangkau karena faktor lokasi geografis tempat tinggal mereka. Kata Kunci: sistem zona, minat belajar, kelas 6Downloads
References
Maryam, Siti. (2016). Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Adzkia Islamic School. UIN Syarif Hidayatullah.
Mustafa, G., Ashraf, R., Mirza, M. A., & Jamil, A. (2018). A Review of Data Security and Cryptographic Techniques in IoT-Based Devices. In Proceedings of the 2nd International Conference on Future Networks and Distributed Systems (pp. 1–9).
P, N. A., & Juwita, L. (2021). The Implementation of the Role and Function of Nurses in Nursing Care for Hypertensive Elderly in the Community (Phenomenological Study). Jurnal Keperawatan Malang, 6(2), 115–126.
Rahman, Arif, & Wiyono, Teguh. (2020). Education Policy in Decentralization. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Werdiningsih, Rini. (2020). Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Prespektif Masyarakat Pendidikan. Jurnal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.