PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP POLITIK UANG DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA TENAM KABUPATEN BATANGHARI PADA TAHUN 2022

Authors

  • Widia Putri Universitas Jambi
  • Salam Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Universitas Jambi
  • Nurmalia Dewi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11454

Keywords:

Persepsi, Politik Uang, Pemilihan Kepala Desa

Abstract

Kecurangan politik yang dilakukan oleh para calon kandidat. Politik uang salah satu bentuk pelanggaran pada dunia politik yang terjadi pada pemilihan kepala desa. Hal ini didorong oleh faktor-faktor yang ada di lingkungan masyarakat sehingga politik uang diterima oleh masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Desa Tenam Kabupaten Batanghari terhadap politik uang yang terjadi sebelum dilakukannya pemilihan kepala desa serta menganalisa apa yang menjadi faktor penyebab politik uang terjadi dikalangan masyarakat setempat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap politik uang adalah negatif. Masyarakat memahami bahwa politik uang adalah suatu pelanggaran. Masyarakat juga mengetahui apa dampak yang akan terjadi jika politik uang terus terjadi di kalangan masyarakat setempat. Artinya, pengetahuan masyarakat terhadap politik uang tidak terlalu lemah. Namun masyarakat tetap menerima politik uang dan di dorong oleh berbagai macam faktor. Faktor penyebab terjadinya politik uang tersebut berupa persaingan, kebudayaan, lemahnya pengawasan, dan lemahnya kesadaran hukum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Carolina, M., & Tabah Maryanah. (2022). Fenomena Money Politics dan Pembuktian Terstruktur Sistematis Masif (TSM) Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung 2020. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 48(2), 141–158. https://ejournal.ipdn.ac.id.

Hakim, F. B., Yunita, P. E., Supriyadi, D., Isbaya, I., & Ramly, A. T. (2021). Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Value. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.3972.

Haryoko, Sapto. Bahartiar. A. F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik, & Prosedur Analisis). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Muhtadi, B. (2020). Kuasa Uang Politik Uang Dalam Pemilu Pasca-Orde Baru. Jakarta: PT Gramedia.

Nabila, R., Stevany, A., & Febrian, A. B. (2022). Persepsi Masyarakat Desa Terhadap Fenomen Politik Uang Dalam Pemilihan Umum. Journal of Social Sciences and Politics, 8(2), 163–175.http://ejurnal.stisipolcandradimuka.ac.id.

Nooraini, A. (2022). Persepsi Masyarakat terhadap Kebijakan Blended Learning Tingkat Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3), 3624–36370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2713.

Downloads

Published

2023-12-31