ANALISIS KASUS PERUDUNGAN TERHADAP MORALITAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11433Keywords:
bullying, society 5.0, moralityAbstract
Perundungan adalah perilaku yang tidak menyenangkan, baik secara verbal maupun nonverbal, yang dapat terjadi di dunia nyata/maya. Perilaku ini dapat menyebabkan luka fisik dan mental pada korban dan dapat dilakukan oleh individu/kelompok demi kesenangan pribadi. Perundungan juga erat kaitannya dengan moralitas karena untuk menghindari adanya perundungan di perlukannya pembentukan moralitas dengan baik. Moralitas peserta didik sekolah dasar merupakan aspek penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan individu yang memiliki karakter dan pribadi yang baik, serta membangun generasi bangsa yang berkualitas dan berintegritas Secara keseluruhan, moralitas peserta didik sekolah dasar merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dan dikembangkan melalui pendidikan karakter , pembelajaran tematik-integratif, penilaian moral, pengembangan sosial, dan pengakuan konsep moral. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif, fokus pada penyebab, dampak, dan solusi terhadap perundungan yang marak pada era Society 5.0. Teknik analisis data menitikberatkan pada referensi yang menjadi acuan peneliti untuk merajut benang merah dalam penelitian ini. Keywords:bullying, society 5.0, moralityDownloads
References
Adrian, d. (2023). Penyebab Bullying dan Cara Mencegahnya. Diambil kembali dari www.alodokter.com: https://www.alodokter.com/9-penyebab-bullying-dan-cara-mencegahnya
Afiyani, I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2019). Identifikasi ciri0ciri perilaku bullying dan solusi untuk mengatasinya di sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-nur, Berbeda, Bernakna dan Mulia, 21-25.
Ahmad, N. (2021). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 166-167.
Ainun, F. P., Mawarni, H. S., & Dewi, R. S. (2023). Pengaruh Moralitas Pendidik Terhadap Terciptanya Ruang Kelas yang Berkarakter di Era Society 5.0. Journal of Creative Student Research Vol.1 No.2, 227-239.
Anita, Y., Helsa, Y., & dkk. (2020). Kognitif Moral dalam Upaya Pembangunan Emotional Intelligence. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 10.
Anjasuma, T. (2018). Analisis sebab-akibat perilaku bullying remaja. Skripsi FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
David, R. (2022, Maret 18). Cara-cara yang efektif melawan perundungan di sekolah. Diambil kembali dari www.bbc.com: https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-60775431
Deti, S., & Lestari, T. (2021). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Pada Anak Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1696.
Emmanuela, o. (2021). ANALISIS PENYEBAB DAN RESPON TERHADAP. Century, 31-33.
Firmansyah, F. A. (2021). Peran Guru dalam penanganan dan pencegahan bullying di Tingkat sekolah dasar. Jurnal Al-husna 2 (3), 205-216.
Gunawan, A. F. (2023, Maret 06). Reoptimalisasi Kebijakan Hukum Perlindungan Anak Dalam Penanganan Kasus Perundungan (Bullying) Di Indonesia. JURNAL FAKTA HUKUM, 75. Diambil kembali dari www.kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/kathleenyang12380564654/62239f7831794925300b92a8/penyimpangan-sosial-yang-marak-terjadi-di-masyarakat-terutama-bullying
Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. Jipsindo, 132.
Ismail, T. (2019). Pentingnya Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional PGSD .
Junindra, A., Fitri, H., Desyandri, & Murni, I. (2022). Peran Guru Terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Vol 6 Nomor 2 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, 11133-11138.
Kemendikbudristek. (2022, Agustus 02). Stop Perundungan atau Bullying. Diambil kembali dari ditpsd.kemdikbud.go.id: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/stop-perundungan-atau-bullying
Kemendikbudristek, I. (2023, Juli 21). Miskonsepsi Perundungan Sebagai Cara Menguatkan Mental Peserta Didik. Diambil kembali dari itjen.kemdikbud.go.id: https://itjen.kemdikbud.go.id/web/miskonsepsi-perundungan-sebagai-cara-menguatkan-mental-peserta-didik/
Lismanda, Y. F., Dewi, M. S., & Anggraheni, I. (2021). Media Elektronik Dan Pengawasan Orang Tua Sebagai Pendidikan Anti Kekerasan AUD dalam Perspektif Psikologi. JURNAL PENDIDIKAN AURA, 87-92.
Maritim, E. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 208.
Maulana, D., Suherman, D. P., Abdillah, H. F., & Syahyanto, M. A. (2023). Berantas Bullying Di Kalangan Pelajar Perundungan Berakibat Sakit Mental . Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 47.
Nadhira, S., & Rofi’ah. (2023). Dampak bullyingterhadap gangguan ptsd (post-traumatic stress disorder)pada siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 50.
Nurhada. (2023, Oktober 13). Perundungan Di Sekolah Dan Solusinya : Kajian Perbandingan Psikologi Islam Dan Barat. Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 75. Diambil kembali dari cilacapkab.go.id: https://cilacapkab.go.id/v3/perilaku-bullying-faktor-jenis-dan-dampaknya/
Oktaviani, D., & Hadikusuma, R. Z. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 1247.
Panatagama, A. (2022, Juni 13). Jepang Kenalkan Society 5.0, Apakah Itu? Diambil kembali dari terralogiq.com: https://terralogiq.com/Society-5-0/
Panggabean, H. S. (2023). Waspada Tindakan Bullying dan dampak terhadap dunia pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 9-16.
Rahayu, S. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Perundungan Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. Ponorogo: Electronic Theses Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Rahmanto, F. P. (2021). Big data : What are the implications for public sector policy in Society 5.0 Era. IOP Conference Series : Earth and Environmental Science 717(1).
Rahmawati. (2016). Peran Iklam sekolah terhadap perundungan. jurnal psikologi,43, 167-180.
Ridayanti, S. R. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Jurnal Imiah Psikologi, 132-135.
Rifiani, D. (2023). FENOMENA BULLYING DAN UPAYA PREVENTIF UNTUK MEMINIMALISIR EKSES PSIKOLOGIS BAGI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 198.
Rudiantara. (2018, Juli 23). Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak. Diambil kembali dari www.kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media
Sartika, L. W. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik. respository.uinjkt.ac.id.
Sitasari, N. W. (2019). Guru Sebagai Agen Perubahan Perilaku Perundungan. Buletin Jagaddhita, 3.
Sufriani & Sari, E. (2017). Faktor yang mempengaruhi bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar kecamatan syiah kuala banda aceh. Idea Nursing Journal VIII.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Millenial 5.0 Fakultas Psikologi Umby.
Sumani. (2019). Upaya guru dalam menangani kenakalan siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 909-917.
Theodore, W., & Sudarji, S. (2020, Juli 24). FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PERUNDUNGAN PADA PELAJAR USIA REMAJA DI JAKARTA. urnal Psibernetika, 74-77. Diambil kembali dari www.unesa.ac.id: https://www.unesa.ac.id/bullying-marak-di-sekolah-pakar-psikologi-anak-unesa-ungkap-penyebab-dan-solusinya
Utami, A. N. (2019). THE IDENTIFICATION OF BULLYING CAUSATIVE FACTORS . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 8 Tahun ke-8, 800 .
Vania, S. A. (2023). Analisis Faktor Dan Cara Penanganan Bullying. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 44.
Widamar, A. W. (2023). Persoalan Perundungan di Lingkungan Sekolah. Jurnal Mahasiswa Indonesia , 7-8.
Yunita, R. (2021). Perundungan Maya (Cyber Bullying)Pada Remaja AWAL. Journal of Education and Practice. 6, (19), 104.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.