PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI TEMA PROJEK GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alvina Nanda Setiaputri Pascarsarjana - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nadlir Pascasarjana, UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11267

Keywords:

P5, Gaya Hidup Berkelanjutan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai penguatan projek profil pelajar Pancasila melalui tema gaya hidup berkelanjutan Fase A kelas 1 di SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Penguatan projek profil pelajar Pancasila dianggap sebagai bentuk pengurangan beban belajar di kelas (intrakurikuler) agar siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar dalam lingkungan sekitarnya. Jenis penelitian ini menggunakan riset kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman, Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan kecakupan referensi. Hasil dari penelitian ini bahwa penguatan projek pelajar Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan mengangkat topik aku saya tanaman. Faktor pendukung dari kegiatan penguatan projek ini adalah sekolah memberikan fasilitas yang memadai, dan faktor penghambatnya yaitu peserta didik memberikan air terlalu banyak saat menyiram tanaman. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Alfonsus, S., Tarsan, V., & Ambros Leonangung, E. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1).

Amri, Alim, N., & P., R. P. (2022). mplementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Vl Manggala Kota Makassar Nur. Jurnal STKIP Subang, 20(1).

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4).

Azis, A. (2019). KUNYIT (Curcuma domestica Val) SEBAGAI OBAT ANTIPIRETIK. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 6(2).

B, E. (2023). PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(3).

Creswell, J. W. (2020). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Damastuti, F. A., Aditama, D., Nurindiyani, A. K., Basofi, A., Hafid, A. F., Mufid, M. R., Mawaddah, S., & Majid, N. S. (2021). Workshop Pembuatan Modul Ajar tentang Tanaman Obat Keluarga (Materi IPA) dengan Metode Virtual Reality Game pada Pengajar Sekolah Menengah Pertama di Lamongan. J-Indeks: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Terintegrasi, 6(1).

Darmadi, A. E. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di SD. National Conference for Ummah, 2(1).

Dewi, K., Kadek., N., Dr. Made Jawi, M. K., & Ns. Dian Adriana, S. K. (2014). PENGARUH EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA VAL) METODE MASERASI DAN DEKOK TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH TIKUS PUTIH (RATTU NORVEGICUS) YANG DIBERI VAKSIN DPT. Jurnal Harian Regional.

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda, 5(2).

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Kemendikbudristek. (2022). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemuihan Pembelajaran.

Lilihata, S., Rutumalessy, S., Burnama, N., Palopo, I. S., & Onaola, A. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif dan Bernalar Kritis Pada Era Digital. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(1).

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4).

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Urnal Mahesa Research Center, 1(1).

Maulida, U. (2023). GAYA HIDUP BERKELANJUTAN MELALUI PROJEKPENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 6(1).

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1).

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6).

Nursalam, & Suardi. (2022). Penguatan Karakter PROFIL PELAJAR PANCASILA Berbasis Integratif Moral Di Sekolah Dasar. CV. AA. RIZKY.

Oktari, D. P., & & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1).

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3).

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2).

Sinyanyuri, S., Edwita, & Yarmi, G. (2023). Peluang Dan Tantangan Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3).

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2).

Sutisnawati, A., Lukman, H. S., & Elnawati. (2022). Pengembangan Aplikasi Kopi D’lima Untuk Pembelajaran Merdeka. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4).

Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in Elementary School Education with Project-Based Learning Approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4).

Downloads

Published

2024-01-05