PENGEMBANGAN BUKU MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMK KETINTANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11188Keywords:
Pengembangan buku, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku motivasi yang di peruntukkan pada peserta didik agar dapat membantu meningkatkan motivasi dalam belajar mereka dengan tepat dan penuh tanggung jawab yang memenuhi kriteria penilaian akseptabilitas meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg & Gall yang mencakup (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji validasi ahli, (5) revisi produk. Selanjutnya hasil pengumpulan data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penilaian uji ahli materi menunjukkan 88,75% yang artinya isi materi buku motivasi belajar ini sangat baik, tidak perlu revisi. Penilaian uji ahli media menunjukkan 100% yang artinya desain dalam buku motivasi belajar ini sangat baik, tidak perlu revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku motivasi belajar pada peserta didik ini telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang baik pada desain dan isi bahasannya, sehingga buku motivasi belajar ini dapat digunakan siswa untuk memberikan informasi dan edukasi penting dalam menambah semangat motivasinya untuk belajar.Downloads
References
Borg, G. (2014). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice. In British Library Cataloguing-in-Publication Data (Sixth Edit).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Ulfah, Melin Sri. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. (Online). Tersedia di https://eprints.uny.ac.id Diakses pada tanggal 15 Oktober 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.