ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU KELAS TINGGI SD NEGERI 01 SUNGAI RINGIN KABUPATEN SEKADAU

Authors

  • Sirilus Sirhi STKIP Persada Khatulistiwa
  • Andri Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa
  • Yustina Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11143

Keywords:

Analisis, Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Mengajar Guru

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimana Hasil Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas Tinggi SD Negeri 01 Sungai Ringin Kabupaten Sekadau. Tujuan Khusus: 1) Mendeskripsikan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas Tinggi SD Negeri 01 Sungai Ringin Kabupaten Sekadau; 2) Mendeskripsikan Fakto Pendukung dan Faktor Penghambat Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas Tinggi SD Negeri 01 Sungai Ringin Kabupaten Sekadau; 3) Mendeskripsikan Upaya Yang Dilakukan Untuk Mengatasi Fakor Penghambat Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kelas Tinggi SD Negeri 01 Sungai Ringin Kabupaten Sekadau; Variabel dalam penelitian ini menggunakan variabel ganda yaitu keterampilan dasar mengjar guru dan kelas tinggi metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi. Teknik pengumpulan data teknik Observasi, teknik Wawancara, teknik Dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data: 1) Resuksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh: 1) Keterampilan dasar mengajar guru kelas tinggi SD Negeri 01 Sungai Rigin Kabupaten Sekadau masih cendrung kurang maksimal sehingga proses pembelajaran yang dilakukan masih masih kurang kondusif. 2) Faktor pendukung dan penghambat keterampilan dasar mengajar yaitu: faktor pendukung dari keterampilan dasar mengajar yaitu pengetahuan atau kemampuan (intelegensi), faktor penghambat dari keterampilan dasar mengajar yaitu faktor sarana dan prasarana yang kurang memadai. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat keterampilan dasar mengajar yaitu: guru melakukan tindakan seperti pengecekan kesiapan siswa setiap hendak memulai proses pembelajaran serta menunjukan peraturan keluar masuk ruangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirnullah dan Budiyono, Heris. 2014. Pengantar Manajemen. Yogyakarta Graha Ilm.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Asril, Z. 2010. Micro Teaching: (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Bastian. 2019. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Pendidikan dan Pengajaran volume 3 (hal. 1357-1358). Riau : program studi pendidikan guru sekolah dasar.

Bohari, Luk. 2014. “Faktor Pendukung Guru-Guru Dalam Mewujudkan Kinerjanya Yang Professional”.

Darmadi. 2012. “Kemampuan Dasar Mengajar”. Bandung : Alfabeta

Fattah Abdul. 2018. “Peningkatan Kopetensi Pedagogis Guru Berbasis Keterampilan Dasar Mengajar DI MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Lombok Barat” dalam transformasi: jurnal transformasi volume 14 (hal.15).

Mantaram : Universitas Islam Negeri Mataram.

Fauzi. 2010. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud: Jakarta.

Hamlik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harianto, I dan Seran, Y, E. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sdn 11 Benuis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3 No 1.

Jamil. 2016. Guru professional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kartini. 2018. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru di SDN 002 Sebatik Tengah” dalam Edukasi: Jurnal Edukasi volume 5 (hal.49). Tarakan Universitas Borneo.

Moleong. 2017. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saebani & Sutisna, 2018. Metode Penelitian. Bandung. Pustaka Setia.

Siswanto. 2010. Tingkat Penugasan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akutansi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol VIII No. 2, Hal: 41-51

Sri Widiastuti dan Nur Rohmah M., Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola Melalui Kucing Tikus Pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2Yogyakarta: Jurnal Pendidikan JasmaniIndonesia FIK UNY 2010.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyona. 2017. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukandi. 2014/2016. Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Wahyunilestari. 2018. Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar.

Prosiding seminar nasional Universitas Muhammaddiyah Jakarta, Indonesia.

Yuli. 2017. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD” dalam Pedagonal : jurnal Ilmiah Pendidikan volume 1 (hal.26). Pakuan : Universitas Pakuan.

Downloads

Published

2023-12-08