PENGELOLAAN PPDB BERBASIS SMS SMART UNTUK MENINGKATKAN BINA LINGKUNGAN DAN DAYA SAING TK NEGERI PEMBINA, KEC. SRENGAT, KAB.BLITAR
Keywords:
Pengelolaan PPDB, Bina LingkunganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsi pelaksanaan Bagaimanakah pelaksanaan Pengelolaan PPDB Berbasis SMS SMART untuk meningkatkan bina lingkungan dan daya saing TK Negeri Pembina. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan menggunakan adalah hasik analisis lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan kegiatan PPDB Berbasis SMS SMART di TK Negeri Pembina Blitar dengan konsep yang jelas dan keragaman aktifitas/ program setiap minggunya dapat meningkatkan minat orang tua dan branding untuk sekolah. Sering kali orang tua tidak hanya ikut sekali dua kali untuk mengikuti kegiatan PPDB berbasis SMS SMART di sekolah kami tetapi ada yang lebih dari tiga kali, hal ini menunjuknya antusisme masyarakat terhadap kegiatam kami. Hasil dan dampak pelaksanaan kegiatan terlihat jelas seperti meningkatnya jumlah peserta kegiatan di tahun 2021 sebesar 36%. Peningkatan jumlah peserta Trial Class berdampak pada meningkatnya jumlah peserta didik di tahun 2021 sebesar 9,7%. Citra positif TK Negeri Pembina yang berbentuk dikalanagan masyarakat, sehingga lembaga kami menjadi salah satu destinisi untuk studi banding dari lembaga TK wilayah Blitar. Dengan Demikian Kegiatan PPDB Berbasis SMS SMART ini berhasil untuk menarik minat orang tua mempercayakan pendidikan di TK Negeri Pembina Blitar.Downloads
References
Anggraeni, N., & Aprianti, E. (2021). Penerapan permainan tradisional bakiak untuk melatih kemampuan sosial emosional anak kelompok b. Jurnal CERIA, 4(2), 177.
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII(1), 51–60. file:///C:/Users/BKPUTRAWAN/Downloads/115-Article Text-299-1-10-20180109.pdf
Hayati1, S. N., & Khamim Zarkasih Putro2. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Itqan, 7(1), 1–187.
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.
Putri, A. A. S. P. A., & Sujana, I. W. (2020). Traditional Game “Bakiak” Assisted Project-Based Learning Model Influences Students’ Social Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 463. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.25360
Risma, D. (2020). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi, 2(2), 448–455.
Riza Oktariana. (2019). Pengaruh Permainan Bakiak Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Tk Khairani Aceh Besar. Visipena Journal, 10(1), 78–93. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.492
Silalahi, T. M. (2020). Perbedaan Keterampilan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Emosi Anak Dalam Bermain Konstruktif. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 282. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.6849
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.