PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD DI KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Arifin Universitas Terbuka
  • Tahmid Sabri Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
  • Tati Rajati Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11089

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Kreatifitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik, Siswa Kelas 5 SD di Kecamatan Sepauk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD di Kecamatan Sepauk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non-Equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang. Instrumen yang digunakan lembar observasi, lembar angket, soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap kreativitas siwa dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siwa dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD. (3) Pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD dengan nilai effect size sebesar 0,80. (4) Pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang sedang terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD dengan nilai effect size sebesar 0,74 di Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96

Amin, Muhammad. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.29062/dirasah.v2i1.36

Armadi, A. (2017). Pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 52-64.

Dahliana, D., Setiawati, N. S., & Taufina, T. (2019). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2). https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2211

Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943-2952.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-5.

Putri, K. E. (2020). Meta Analisis: Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 127-135.

Subekti, M. R., Wibowo, D. C., & Triani, S. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 39-48.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukerti, N. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Suarni, M. P. N. K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Supriyanti, K., Yusria, Y., Maspika, S., Ridwan, R., & Sari, F. N. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI PEMBELAJARAN DI SENTRA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i1.75

Tuti, K. E. (2020). Meta Analisis: Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 127-135. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14559

Wardani, R. P., Fitriyah, C. Z., & Puspitaningrum, D. A. (2021). Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Saintifik.

Downloads

Published

2023-12-07