PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 CIRUAS

Authors

  • Halimatusadiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yustika Irfani Lindawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Subhan Widiansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11076

Abstract

Keberhasilan belajar bisa tercapai dengan rasa percaya diri siswa, percaya diri ini akan muncul akibat pengakuan dari lingkungan serta teman sebayanya yang disebut dukungan konformitas. Konformitas adalah bentuk dampak sosial yang mengubah sikap dan perilaku individu agar sesuai dengan norma sosial yang ada. Konformitas pada usia remaja sudah merupakan hal yang lumrah, karena pada dasarnya usia remaja ialah usia yang masih terbilang labil, belum memiliki tujuan yang terarah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh konformitas teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Ciruas. Penelitian ini menggunakan metode Quantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) konformitas teman sebaya peserta didik tergolong tinggi dengan capaian 45%, (2) hasil belajar peserta didik tergolong tinggi dengan capaian 45%, (3) Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa nilai sig sebesar 0,435 kurang dari < probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh konformitas teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Ciruas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Baron, R A., dan Byrne D. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Jurnal :

Dewi, Putri Tunggal. 2023. Motivasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. 5 (1): 12-24.

Syafi’i, Ahmad, dkk. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. 2 (2): 115-123.

Downloads

Published

2023-12-07