ANALISIS MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN 4 TAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Hindri Handayani PGSD STKIP PGRI Tulungagung

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi individu siswa dalam hasil belajar adalah motivasi belajar. Motivasi diperlukan dalam pelaksanaan aktivitas manusia karena motivasi merupakan hal yang dapat menyebabkan, menyalurkan dan mendukung supaya giat dan antusias untuk mencapai hasil yang maksimal. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah tingkat keberhasilan siswa setelah menempuh proses pembelajaran tentang materi tertentu, yakni tingkat penguasaan yang dapat diukur dengan tes yang disusun berdasarkan C1-C2. Berdasarkan penelitian tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis dan mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada materi globalisasi pada mata pelajaran PKn di SDN 4 Tapan; (2) menganalisis dan mendeskripsikan peran motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa materi globalisasi pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV di SDN 4 Tapan. Jenis penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, catatan lapangan, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan skor angket motivasi yang diperoleh 1490 dengan nilai rata – rata 74,5 dan hasil belajar 1625 dengan nilai rata – rata 81,25. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Siswa kelas IV SDN 4 Tapan memiliki motivasi belajar yang tinggi pada materi globalisasi mata pelajaran PKn; (2) Motivasi belajar senantiasa berperan dalam penentuan hasil belajar materi globalisasi mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 4 Tapan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 13, 2020
How to Cite
HANDAYANI, Hindri. ANALISIS MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN 4 TAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 249 - 258, jan. 2020. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1094>. Date accessed: 10 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v4i2.1094.