PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN SISWA KELAS III SDN 1 NGASEM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10796Keywords:
Kata Kunci: Matematika, Perkalian, Flashcard Berbasis DigitalAbstract
Proses pembelajaran matematika masih diperlukan penjelasan secara berulang mengenai materi perkalian. Sehingga kurangnya peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal materi perkalian bersusun. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja, pembelajaran masih berpusat pada guru. Sehingga perlunya adanya media pembelajaran yang membanu yaitu media pembelajaran flashcard berbasis digital. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-postest design. Pengumpulan data peneliti menggunakan tes hasil belajar. Untuk instrumen penelitian menggunakan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis dengan SPSS. Hasil penelitian bahwa sebelum pretest banyak peserta didik yang kurang dari KKM kemudian setelah diberikan perlakuan berupa media pembelajaran flashcard berbasis digital hasil postest menunjukan banyaknya peserta didik yang mencapai KKM. Dimana juga telah dilakukan analisis data hasil uji normalitas menunjukan bahwa nilai signifikannya 0,109 > 0,05 lebih besar artinya terdapat pengaruh. Uji hipotesis menujukan uji-t 4,400>0, 3598 dan terakhir uji-f 0,000<0,05. Menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard berbasis digital dalam pembelajaran matematika materi perkalian bersusun. Kata Kunci: Matematika, Perkalian, Flashcard Berbasis DigitalDownloads
References
Aba, La. 2019. “Flashcards as A Media in Teaching English Vocabulary.” AL-Lisan : Jurnal Bahasa ( e-Journal ) 4(2):170–79.
Afrizal, Muhamad Zulkarnaen, and Ela Suryani. 2021. “Efektivitas Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Flash Card Terhadap Peningkatan Kemampuan Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas IV.” Jurnal Persada IV(3):20–23.
Aliyah, Afifatul Aliyah, and Sigid Edy Purwanto. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 8(3):921. doi: 10.32884/ideas.v8i3.946.
Arsyaf, Fahira, Herlina Usman, Maryam Aunurrahim, Sri Yulianingsih, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, and Universitas Negeri Jakarta. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Berbasis Website Untuk Pembelajaran IPA SD.” 2(3):349–57.
Dasar, Sekolah, Deyana Nuru Intan, Eko Kuntarto, Muhammad Sholeh, Pendidikam Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Jambi. 2022. “Strategi Guru Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Deyana Nuru Intan 1 , Eko Kuntarto 2 , Muhammad Sholeh 3.” 6(3):3302–13.
Fatimah, Dewi. 2020. “Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 4(3):526–32.
Hanafi, Muhammad, Universitas Muhammadiyah, Sidenreng Rappang, and El- Haggar. 2023. “PENGUNAAN FLASHCARD BERBASIS DIGITAL.” 1:235–46.
Ilyas, M., Ma’rufi, M. R., & Nisraeni, N. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika.
Indriani, Nina, Siti Rodliyah Eka Agustina, Achmad Haqqul Yaqin, and Puput Restyanggi S. 2023. “Implementasi Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Ii.” Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika 6(1):13. doi: 10.29300/equation.v6i1.9513.
Khairunisa, Rahmi Wilianti, and Basuki Basuki. 2021. “Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dan CIRC.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):113–24. doi: 10.31980/plusminus.v1i1.1030.
Luthfiyanti, Febby. 2022. “PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR RUMAH ADAT MELAYU.” 6(2).
Ramadan, Rezeki, I. Made Ardwi Pradnyana, and P. Wayan Arta Suyasa. 2019. “Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E-Learning (E-Learning Readiness) Di Sma N 2 Singaraja Menggunakan Model Chapnick.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 16(2):258. doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i2.18683.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.