PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10700Keywords:
Model Picture and Picture, Media Gambar Berseri, keterampilan menulis Teks EksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Mengidentifikasi perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara kelas yang menerapkan model Picture and Picture berbantuan media gambar berseri dengan kelas yang menerapkan model kooperatif pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VI SDN 82 Singkawang. 2) Mengidentifikasi bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI SDN 82 Singkawang dari penerapan model Picture and Picture berbantuan media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 82 Singkawang. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VI yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa lembar soal menulis teks eksplanasi (essay). Teknis analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil analisis didapatkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga analisis data penelitian dilanjutkan dengan uji homogenitas menggunakan rumus F. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI di SDN 82 Singkawang antara kelas yang mendapatkan menerapkan model Picture and Picture berbantuan media gambar berseri dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu thitung>ttabel atau 8,611>2,064. 2) Model Picture and Picture berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI SDN 82 Singkawang. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh sebesar 0,90 dan termasuk kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa melalui penerapan Model Picture and Picture berbantuan media gambar berseri.Downloads
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenada Media.
Asngari, H. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Bahasa Indonesia Dengan Model Picture And Picture Pada Siswa. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan (JKPP) , 1 (1), 23–27.
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278-285.
Helen, A., & Khasanah, I. N. (2023). Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Viii Smpn 30 Tebo. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 393-399.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Sleman: Deepublish.
Rahayu, S., & Gufron, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Gambar Dan Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 17-28.
Rizona, S. P., & Afnita, A. (2023). Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Journal on Teacher Education, 4(4), 183-192
Safitri, I., Karimah, K., Sulistri, E., & Marhayani, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 217-226.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 111-123.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi revisi. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.