STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA MI NURUL HUDA SUKARAJA

Authors

  • Khatim Al Fauzi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10647

Keywords:

Strategi Penguatan, Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah,

Abstract

Strategi penguatan pendidikan karakter berbasis Akhlakul karimah di MI Nurul Huda Sukaraja yang selama ini di nilai hanya sekedar mengalihkan pengetahuan (Transfer of knowlage) agar bisa membawa perubahan mendasar pada anak didik berkarakter akhlak karimah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi-strategi yang dilakukan dalam penguatan Pendidikan karakter berbasis akhlakul karimah di MI Nurul Huda Sukaraja. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpullkan bahwa: (1) Perencanaan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis akhlakul karimah di MI Nurul Huda Sukaraja. (2) Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter berbasis akhlakul karimah di MI Nurul Huda Sukaraja. Kepala MI Nurul Huda Sukaraja memiliki rencana strategi Penguatan pendidikan Karakter berbasis akhlakul karimah yang diimplementasikan melalui program kurikuler, ekstra kurikuler dan kokurikuler  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Alfiyatul M., D. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa [Undergraduate, Iain Kediri]. Http://Etheses.Iainkediri.Ac.Id/966/

Ansori, M. (2020). Dimensi Ham Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Iaifa Press.

Kharlie, A. T. (2019). Peran Keluarga Dalam Ketahanan Dan Konsepsi Revolusi Mental Perspektif Alquran. Lptq Provinsi Banten.

Masruri, N. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Smp Islam Al-Ma’arif 01 Singosari Malang.

Sugiyono; (2007, 2006, & 2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R & D (Bandung) [Text]. Alfabeta. Http://Library.Fip.Uny.Ac.Id/Opac/Index.Php?P=Show_Detail&Id=3394

Artikel in Press :

Afifah, I. R. H., Prasetiyo, N., & Ramadhan, R. A. (2018). Penanaman Nilai Karakter Kepedulian Sosial Pada Anak Usia Dini Dalam Permainan Tradisional Kucing Tikus Di Tk It Mutiara Hati. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), Article 1.

Hanik, E. U., & Ahsani, E. L. F. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Religius Peserta Didik Mi Mafatihul Akhlaq Jepara. Quality, 9(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21043/Quality.V9i2.12533

Arianto, H. (2017). The Case Of Paedophiles In Indonesia: An Affective Study Towards Education Policy: Madrosatuna: Journal Of Islamic Elementary School, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21070/Madrosatuna.V1i1.928

Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husain Magelang. Hanata Widya, 6(2), Article 2.

Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis Gaya Belajar Vak Pada Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Analisa, 7(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15575/Ja.V7i1.11878

Sihombing, L. B. (2014). Indonesia Berkabungdalam Masalah-Masalah Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(78), Article 78. Https://Doi.Org/10.24114/Jpkm.V20i78.4676

Sudrajat, D. (2019). Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah Berbasis Kompetensi Pegawai. Jurnal Good Governance, 15(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.32834/Gg.V15i2.125

Jurnal :

Budiarto, G. (2020). Indonesia Dalam Pusaran Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral Dan Karakter. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21107/Pamator.V13i1.6912

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114.

Mundiri, A. (2015). Komitmen Organisasional Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 2(1).

Nurlaelah, N. (2020). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasisi Siri’na Pacce’di Sekolah Dasar (Suatu Alternatif Pendidikan Karakter). Jariah Publishing Intermedia.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50.

Rahman, T., & Wassalwa, S. M. M. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14.

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum Dan Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197–218.

Rosyidah Sari Anggraeni, -. (2021). : Peran Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mempromosikan Lembaga Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Nurul Qurnain Sukowono Jember. Pembimbing: Prof. Dr Hj. Titiek Rohanah Hidayati, M. Pd. [Undergraduate, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam]. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/4092/

Sulaimah, S., & Wijayanti, D. I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah Di Mi Guppi At-Taqwa Ketosari, Bener, Purworejo. Ibtida-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 1–23.

Taliak, J. (2018). Pendidikan Nilai Dalam Memanusiakan Manusia. Tangkoleh Putai, 15(1), Article 1.

Wahyuni, W., Manik, A. P., Nurhayani, N., Anismar, A., & Khadijah, K. (2022). Pengembangan Permainan Internasional Dalam Mengembangkan Sikap Tolong Menolong (Kepedulian) Kepada Aud Di Ra Suturuzzhulam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i3.4659

Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 61–92.

Yusuf, S., Haningsih, S., Habibi, M. M., Abdi, S., Nuryanta, N., Nudin, B., Saputra, K. D., Adawiyah, S. A., Safitri, E., Saleh, M. N. I., Junanah, Susilo, M. J., Zubaidi, A., Arifah, M. N., Hidayati, W., & Irfan, L. A. (2021). Menegosiasikan Islam, Keindonesiaan Dan Mondialitas. Cv. Istana Agency. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/28290

Zuhroh, F. (2022). Kompetensi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 39–53

Downloads

Published

2023-11-03