PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WARTO SUN RATU “WAYANG KARTON SUSUN RANGKA TUBUH” UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MUATAN IPA KELAS V SDN PATI LOR 05

Authors

  • Triyona Asmaraningtyas Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10642

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Wayang, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Warto Sun Ratu (Wayang Karton Susun Rangka Tubuh) guna mengetahui tingkat kepraktisan serta keefektivitasan media terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mapel IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model Sukmadinata dari hasil modifikasi langkah pengembangan Borg and Gall dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement & Evaluate).  Pengembangan media Warto Sun Ratu telah memperoleh hasil uji validasi media dengan presentase 90% yang dapat dikatakan sebagai valid. Sedangkan hasil uji validasi materi memperoleh hasil presentase 85% dengan kategori valid. Selain itu, dari guru kelas 5 memperoleh hasil penilaian 94%. Pada implementasi media, siswa menunjukkan antusias yang memuaskan dari aspek perasaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan dengan memperoleh nilai presentase 100%. Dari hasil penelitian, berdasarkan dari hasil uji T media Warto Sun Ratu dalam keterampilan berpikir kreatif yang memeproleh sig. (2-tailed) sebesar 0,037 yang berarti < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima,  yang berarti penggunaan media Warto Sun Ratu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam materi susunan kerangka manusia mata pelajaran IPA Kelas 5 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aen, R. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 99–103. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4273

Ferania, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMPAS (KOMIK IPA SD) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Pendidikan, 8.5.2017, 2003–2005.

Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128

Mawardi. (2021). Penelitian Dan Pengembangan ( Research and Development ) Pengertian R & D. 1–27.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 91–104.

Nugroho, A. S., & Wahyuni, W. (2021). Pengembangan Media Wayang Berbasis Tokoh Pahlawan Nasional Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4261

Nurdiansyah, & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Pendidikan, 1, 1–8.

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media GAYANGHETUM (Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) Dalam Pembelajran Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.865

Priyono, W., Desak, E. S., Arista, N., & Dewi, R. (2015). Pengaruh Metode Wayang Kulit Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 1–12.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (T. Indeks (ed.); Cetakan II). Indeks.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) (S. Y. Suryandari (ed.); Cetakan ke). ALFABETA.

Sumaryanti, E., Sabri, T., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tanjungpura, U. (2018). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24351

Suryani, N., Setiawan, A., & Aditin, P. (2018). Media pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.); Cetakan 1). PT REMAJA ROSDAKARYA. https://doi.org/978-602-446-221-5

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan: Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, 2(2), 1–17.

Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Makassar, June, 1–17.

Downloads

Published

2023-11-03