PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS WIZER.ME PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

Authors

  • Finka Oktaviani Universitas Pakuan
  • Yuli Mulyawati PGSD FKIP Universitas Pakuan
  • Lufty Hari Susanto PGSD FKIP Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan E-LKPD interaktif berbasis Wizer.Me untuk dikembangkan kepada peserta didik kelas V SDN Bantarkemang 1 serta untuk mengetahui kelayakan E-LKPD interaktif berbasis Wizer.Me terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yaitu metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapat 94% dengan kriteria sangat layak, oleh ahli bahasa mendapat 96% dengan kriteria sangat layak, dan oleh ahli materi mendapat 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon peserta didik mendapat 90% dengan kategori sangat layak, dan nilai rata-rata N-Gain hasil belajar yaitu 0,75 dengan kriteria tinggi. Hasil tesebut menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis Wizer.Me sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karo-karo, D., Rangkuti, I., & Wardhani, P. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs5 Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan Kelas V Sd Negeri 104208 Cinta Rakyat T.a 2019/2020. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(3), 147. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.22977

Kopniak, N. B. (2018). The use of interactive multimedia worksheets at higher education institutions. Інформаційні технології і засоби навчання, (63,№ 1), 116-129

Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 05(01), 86–96.

Putri, V. A. R., & Indrawati, D. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bilangan Berpangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga Berbantuan Wizer . me Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(10), 3542–3550. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44143

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2 : Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Sari, (2019) Pengembangan LKPD Elektronik Dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi

Safitri, O. N., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.

Satrio, A., & Rini, T. P. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamification Pengenalan Lingkungan Lahan Basah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(4), 386. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.39591

Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Indraswati, D. (2023). PEMANFAATAN WEBSITE WIZER ME UNTUK MENGEMBANGKAN E-LKPD INTERAKTIF BAGI GURU SEKOLAH DASAR. 4(1), 22–29.

Sobri, M., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Amrullah, W. Z. (2022). Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif Dengan Wizer.Me Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Di Sd Negeri 26 Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(2), 118–124. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i2.189

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Suryaningih, S., & Nurlita, R. (2021). PENTINGNYA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK ( E-LKPD ) INOVATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN ABAD 21. 2(7), 1256–1268.

Syarah, N. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquary Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Di Sdn Bama 2. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(2), 181. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.34267

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Downloads

Published

2023-11-04