PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBACA PERMULAAN

Authors

  • Baiq Nurul Wahidah Universitas Hamzanwadi
  • Sri Supiyati Universitas Hamzanwadi
  • Donna Buedi Maritasari Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10551

Keywords:

media pembelajaran interaktif, android, membaca permulaan.

Abstract

Di era digitalisme ini, Segala informasi dapat diakses dengan mudah melalui berbagai teknologi seperti handphone/hp, laptop, TV, radio, dan lain sebagainya. Teknologi memberikan dampak positif untuk dunia pendidikan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: (1) Analysia (analisis), (2) Design (perancangan),  (3) Developmen (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Hasil uji validasi dari validasi ahli materi yaitu 40. Jika kalkulasikan ke rumus hasilnya menjadi 80%. Nilai tersebut berada pada interval 61%-80% dengan kategori “Valid/Baik”. Nilai yang diperoleh dari hasil validasi ahli media yaitu 77. Jika dihitung ke dalam rumus skala lima hasilnya menjadi 91%. Nilai tersebut berada pada interval 81%-100% dengan kategori “Sangat Valid/Sangat Baik”. Dan nilai yang diperoleh dari hasil validasi ahli bahasa yaitu 48. Jika dihitung ke dalam rumus hasilnya menjadi 96%. Nilai tersebut berada pada interval 81%-100% dengan kategori “Sangat Valid/Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis android ini sudah valid, efektif untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyah, V. K., & Sukartiningsih, W. (2022). Pengembangan Media Baca Seru Dan Asyik (Barusik) Berbasis Android Untuk Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 10.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. (2020). Penelitian & Pengembangan Sebuah Tinjaun dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Media Madani Publisher.

Meliyawati, -. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Deepublish.

Mulyatiningsih, E. (2017). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press.

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Yang Profesional. PT Indragiri.

Saputro, B. (2017). Development ) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Winaryati, D. E., Pd, M., Munsarif, M., Kom, S., Kom, M., Mardiana, D., & Sampul, P. (t.t.). Model RD&D Pendidikan dan Sosial.

Downloads

Published

2023-11-04