KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MENTENG PALANGKA RAYA

Authors

  • Diplan PGSD FKIP Universitas Palangka Raya
  • Wahyu Nugroho Universitas Palangka Raya
  • Widya Permata Dilla PGSD FKIP Universitas Palangka Raya
  • Laila Rachmawati PGSD FKIP Universitas Palangka Raya
  • Sapriline PGSD FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10521

Keywords:

keterampilan membaca, membaca permulaan, pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa SD kelas 2 dan 3. Kelas 2 dan 3 adalah siswa yang masuk di tingkat sekolah dasar saat pandmei covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Subjek penelitian populasi 7 sekolah di kelurahan Menteng yaitu SDN 1 Menteng, SDN 2 Menteng, SDN 3 Menteng, SDN 4 Menteng, SDN 5 Menteng, SDN 6 Menteng, dan SDN 7 Menteng di kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar keterampilan membaca permulaan berada pada kategori sangat baik yaitu mencapai 62,81% atau mencapai 424 siswa. Sedangkan pada kategori baik mencapai 21,04% atau 142 siswa, pada kategori kurang berjumlah 10,81% atau 73 siswa dan pada kategori sangat kurang berjumlah 5,48% atau 37 siswa. Hal ini menunjukan bahwa pandemic covid-19 berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464-473.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Auladi, K. (2020). Kendala Guru Dalam Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah (Minu) Kotagede Yogyakarta. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 163-188.

Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220-225.

Kurniaman, O ., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan diKelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149-157.

Novrizta, D. (2018). Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 104–124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019, July). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini, 5(1), 772.

Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Sasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7837

Downloads

Published

2023-11-02