PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 2 MENDO BARAT

Authors

  • afriyani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Diana Pramesti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sasih Karnita Arafatun Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Keywords:

Kata Kunci: Model Think Pair Share, Pemahaman, Materi Pecahan

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada materi pecahan terutama pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman siswa pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 2 Mendo Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain Pre-Experimental Design (non-design) dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV SD Negeri 2 Mendo Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 10 soal tes materi pecahan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji Paired Sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil tes materi pecahan pada kegiatan pretest dan posttest. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan uji Paired Sampel t-test dengan thitung = 9,558238 > ttabel = 2,07387 maka hal ini menujukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan model Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 2 Mendo Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Eka, L. K., & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). CV Andi Offset.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Artikel:

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21", 2011, 34–42.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.

Dwi Setya Ningsih. (2020). Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurrodhiyah Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Irawan, F., Asnawati, R., & Gunowibowo, P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal FMIPA Unila.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.24

Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4, 59–75.

Sianturi, W., Gunowibowo, P., & Coesamin, M. (2020). Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(5579–590).

Downloads

Published

2023-09-30