PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS KARTINI

Authors

  • Reka Hosana Br Ginting Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10447

Keywords:

explanation text,Jigsaw,Stad

Abstract

Writing is the activity of deriving or depicting graphic symbols that describe a language that is understood by someone, so that other people can read the graphic symbols. This research aims to determine whether there are differences between the Jigsaw and Stad learning models on the ability to write explanatory texts. This type of research is quasi-experimental research with a One-Group Pretest-Posttest Design model. The research subjects were fifth grade elementary school students. The data collection technique uses a rubric for assessing the ability to write explanatory text. The data analysis technique used is the T test. The results of the research show that the significance of the sig. 2 sided 0.001<0.05 which means H0 is rejected and Ha is accepted. The average posttest scores of the Jigsaw and Stad learning models for the ability to write explanatory text from the T test results were 57.71 and 46.26. So it can be concluded that there are differences between the Jigsaw and Stad learning models on the ability to write explanatory texts in class V students at SDN Gugus Kartini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Detri, N. F., & dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan JIGSAW terhadap Penguasaan Konsep Fisika . Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 70.

Ismilasari, Y., & Hendratno. (2013). PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.

Ismilasari, Y., & Hendratno. (2013). Penggunaan Media Diorama Utuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Mahasiswa UNESA, 1.

Khalistyawati, M., & Muhyadi. (2018). Pengaruh Model STAD dan Jigsaw terhadap Karakter Kerja Sama, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif . Jurnal Pendidikan Karakter , 1.

Lagur, M. N. (2016). Kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar seri siswa kelas VII . 1.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw . Jurnal As-Salam, 97-98.

Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi . jurnal paedagogy , 160.

Pradnyawathi, C., & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem BerbasisTri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 91.

Putra, D. S., & dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Permainan Bola Basket . Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 528.

Sari, E. P., & dkk. (2020). Kesulitan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 294.

Sholihah, H. A., & dkk. (2018). METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP . Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional (p. 162). Semarang: Jurnal Mercubuana .

Simanullang, L. M., & dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran JIGSAW dan STAD Terhadap Hasil Belajar Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal EduTech, 115-116.

Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan JIGSAW terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015 . Jurnal Eqiulibrium , 110.

Wati, M. L., & dkk. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM. jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 109.

Akbar , D. (n.d.). PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR, Makassar.

Asnawi , & dkk. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP . Jurnal Numeracy , 160.

Azhariansah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa . Jurnal Inovasi dan Riset Akademik , 1.

Bangun , J. T., Annisa , & Daulay, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP . Basa Taka, 53 .

DEVIKA, S. (2018). Memproduksi Teks Eksplanasi. Paykumbuh: Direktorat Pembinaan SMA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ernawati, Y. (2017). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry dengan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII di MTs Maarif NU Purwokerto Barat. Purwokerto: Repository Univeristas Muhammadiyah Purwokerto .

Fiktorius , T. (2020). Instrumen Penelitian. Pontianak: Mahameru Press.

Haryanti, S. (2021). Pengantar Statistika I. Bandung : Media Sains Indonesia.

Hasanah , R. (2021 ). Pengaruh Model Jigsaw dengan Menggunakan Media Gamabar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas SMK PAB- 10 PATI Patumbak. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara .

Hendra. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Division) dan Model Pembelajaran CTL (ContextualTeaching And Learning) pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SDN Sumogawe 01 . Salatiga: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.

JIwandani, W. I. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Pertanahan. Purworejo: repository umpwr.

Khamizah, N. (2019). Peningkatan Ketrampilan Menyusun Teks Eksplanasi Dengan Model Investigas Kelompok dan Media Visual pada Siswa Kelas VIII 4 SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru . Makassar: repository Universitas Muhammadiyah Makassar .

Khulsum, U., & dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menuis Cerpen dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X SMA . Diglosia , 5.

Koeswanti, H. D. (2018). Eksperimen Model Kooperatif Learning dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis .

Maasrukhin, A. R., & Ratnasari , K. (2019). PROSES PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA MI UNTUK MENINGKATKAN. Jurna Auladuna, 102.

Manullang , A. M. (2016). Pengaruh Teknik Pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sidikalang . 1.

Mulyani, S., & dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro . Jurnal Pendidikan , 335.

Mulyani, S., & dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD,Jigsaw dan Konvensional terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro . Jurnal Pendidikan, 346.

Nazar, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Padang . Jurnal Pendidikan, 9.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 123.

Purba , N. S., & Arif, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Nilai dalam Cerita Sejarah dengan Menggunakan Metode STAD bagi Sisw Kelas XII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (p. 1). Medan: digilib unimed .

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Jurnal Pendidikan dan Sastra Bahsa Indonesia, 113.

Saleh, M. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEK MELALUI MODEL STAD PADA SISWA SMA. Jurnal Riset dan Konseptual, 1.

Samosir , P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya . Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Sitompul, R. (2018 ). Pengaruh Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 4 Siswa Kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia . Undergraduate thesis, UNIMED, 1.

Sugiyono . (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suharsono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Penelitian dna Pendidikan IPS , 1.

Susilawati, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode STAD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa. Losarang: LPPM UNISA.

Tara, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Mempertimbangkan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Jambi. Jurnal Pendidikan , 1.

Tastra , i. K., Marhaeni, & Lasmawan, i. W. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap kemmapuan Menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SM Negeri 4 Mendoyo. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 1.

Tatalia, R. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Koooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Jurnal Penelitian dan Sastra Indonesia , 59.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI . Jurnal Papeda, 19.

Yudono, T. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeiharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan . Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif , 63.

Downloads

Published

2023-09-30