PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwiki Alamsah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tarman A Arief Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10343

Keywords:

metode struktural analitik sintetik (sas), keterampilan menulis permulaan, audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Struktural Analitik sintetik berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Esperimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Gugus III Kecamatan Galesong yang terdiri dari enam sekolah dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 332. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN No. 190 Inpres Bura’ne yang berjumlah 53 orang dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknis tes untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa berupa soal dan teks bacaan. Hasil penelitian berdasarkan Independent Sample T Test Hipotesis 1, dasar pengambilan keputusan, apabila nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis permulaan. Adapun nilai signifikasi yang diperoleh dari uji independent sample t test sebesar 0,00, yang mana lebih kecil dari 0,05. Oleh sebab itu, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis permulaan. Sementara untuk hasil uji Independent Sample T Test Hipotesis 2, nilai signifikasi yang diperoleh dari uji independent sample t test sebesar 0,00, yang mana lebih kecil dari 0,05. Oleh sebab itu, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis permulaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Arif Tarman. 2018. Pengaruh SMS dan Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Alidjanovna, T. M., Khakimovna, K. S., Tulaboevna, T. G., Shukurovna, A. K., & Xafizovich, U. K. (2021). Lingu-Didactical Basis of Teaching English Learning Vocabulary to the First-Year Uzbek Audience Students. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 415-429.

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dalman 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers

Haeruddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Hambali. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Diktat.FKIP Unismuh Makassar.

Munirah. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Awal SD. Makassar

Nafi’ah 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H. G. 2009. Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa. Bandung

Downloads

Published

2023-11-02